Foto bersama PLUT dengan Pengurus Koperasi Wana Lestari Menoreh dan Koperasi CukataPusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (PLUT KUMKM) melakukan identifikasi Koperasi dan UMKM ke daerah-daerah. Salah satunya adalah di Kabupaten Kulon Progo. Pada kesempatan kali ini ada dua koperasi yang dikunjungi oleh PLUT KUMKM DIY, yaitu Koperasi Wana Lestari Menoreh dan Koperasi Cukata.

 

Koperasi Wana Lestari Menoreh (KWLM) beralamat di Dusun Kagongan, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. KWLM telah berdiri sejak tahun 2009 dan hingga sekarang telah memiliki anggota lebih dari seribu orang. KWLM memiliki tujuan menumbuhkan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan semangat kewirausahaan sosial untuk mewujudkan lingkungan alam yang lestari dan berkelanjutan.

 

Dalam kegiatan operasionalnya, koperasi ini juga memiliki tujuan untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dengan memperhatikan 3 fungsi aspek kelestarian, yaitu fungsi produksi, fungsi ekologi dan fungsi sosial.Layanan Keanggotaan KWLM

 

Fungsi Produksi KWLM meliputi kegiatan-kegiatan pengelolaan sumberdaya alam, hasil hutan rakyat, dan usaha produktif. Fungsi Ekologi KWLM meliputi kegiatan-kegiatan pengelolaan ekosistem, memelihara dan melindungi hewan langka, situs yang dilindungi masyarakat, dan menjaga kelestarian mata air. Fungsi Sosial KWLM meliputi kegiatan-kegiatan melestarikan kepastian hak kepemilikan tanah, menjamin kesempatan, hak dan kewajiban perkembangan ekonomi masyarakat, dan kesetaraan gender di masyarakat.

 

Sedangkan Koperasi Cukata (Cukat, Bukan Sebatas Kata) merupakan sebuah kelompok simpan pinjam pra koperasi yang akan dikembangkan menjadi badan usaha koperasi dan terbuka untuk umum. Koperasi Cukata memiliki visi menjadi lembaga pemberdayaan ekonomi bersama yang terpercaya dan integralistik melalui pendidikan, solidaritas, dan keswadayaan.

 

Pengawas Koperasi CukataKoperasi Cukata beralamat di Dusun Jobolawang, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Saat ini juga telah memiliki anggota sebanyak 1439 dan telah memiliki asset lebih dari 4 Milyar (Data tahun 2013).

 

Saat ini kedua koperasi ini telah bersinergi dalam membangun masyarakat khususnya di tiga kecamatan, yaitu Samigaluh, Kalibawang, dan Girimulyo. Dalam usahanya, koperasi ini lebih mengedepankan nilai sosial yang dibangun dengan mengangkat kearifan lokal yang selama ini sangat dipatuhi oleh masyarakat. Hal ini sangat efektif dalam kegiatan pengelolaan hutan secara lestari, dan secara umum dapat mempertahankan budaya local dalam upaya melestarikan hutan.

 

PLUT KUMKM DIY yang memiliki peran salah satunya untuk mengakomodasi segala keperluan dan pengembangan kualitas koperasi dan pelaku usaha kecil siap dalam mendampingi Koperasi dan UMKM di wilayah DIY. Dengan tujuh layanan utama yang dimiliki, diharapkan segala persoalan yang ada di KUMKM dapat diatasi. Oleh karena itu, PLUT KUMKM DIY akan terus berusaha untuk mensosialisaikan keberadaannya sehingga bisa lebih bermanfaat bagi koperasi dan UMKM khususnya di wilayan Daerah Istimewa Yogyakarta.