Rapat Koordinasi Pelaksanaan IUMK DIYYogyakarta, Hari ini Kamis 17 Desember 2015 Disperindakop Provinsi DIY dengan PLUT KUMKM DIY dan ABDSI Wilayah DIY mengadakan Koordinasi Pelaksanaan IUMK. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Cakra Kembang ini dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari unsur Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY, Dinas Koperasi dan UKM kota Yogyakarta, Camat, ABDSI, PLUT KUMKM DIY, serta para pelaku pendamping Koperasi dan UKM di wilayah DIY.

Pada acara ini dibahas tentang bagaimana pelaksanaan Ijin Usaha Mikro Kecil yang sudah mulai dilaksanakan di wilayah D.I. Yogyakarta. Disampaikan oleh Bapak Sultoni Nurifai, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disperindakop DIY, bahwa telah ditetapkan Peraturan Presiden No 98/2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil, Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil. Peraturan tersebut menjadi pedoman bagi pemerintah untuk memberikan izin usaha bagi usaha mikro dan usaha kecil (IUMK) bagi pelaku usaha mikro kecil (PUMK).

Pelaksanaan IUMK di D.I. Yogyakarta telah dimulai dan wilayah D.I. Yogyakarta memiliki target sebanyak 10.000 IUMK. Disampaikan pula bahwa saat ini telah terbit dua peraturan kabupaten dan kota di wilayah D.I. Yogyakarta tentang IUMK. Pertama adalah kabupaten Bantul, dan yang kedua adalah Peraturan Wali Kota Yogyakarta.

Hadir juga dalam koordinasi kali ini adalah Bapak Rommy selaku Ketua ABDSI Wilayah DIY yang juga sebagai koordinator pendamping IUMK. Beliau menyampaikan bahwa untuk membantu agar program ini terlaksana dengan baik, Kementerian Koperasi dan UKM akan memfasilitasi pendampingan kepada UMK baik pra dan pasca penerbitan IUMK. Terkait dengan pendampingan yang akan difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM sudah ada surat edaran Nomor: 15/M.KUKM/I/2015, tanggal 22 Januari 2015 ke seluruh Gubernur,Bupati,Walikota agar membantu para pendamping UMK dalam melaksanakan peran pendampingan sehingga optimal pelayanan kepada UMK.

Disampaikan lebih lanjut bahwa tugas pendamping ini adalah membantu UMK dalam melengkapi dan menyerahkan berkas pendaftaran ke Kecamatan atau Kelurahan, memverifikasi berkas dokumen yang dibutuhkan, memberikan bimbingan pasca perolehan IUMK seperti akses ke pembiayaan.

Bagi para pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan IUMK ini bisa datang langsung ke kantor kecamatan setempat atau datang ke kantor PLUT KUMKM DIY untuk mendapatkan pendampingan. Alamat Kantor PLUT KUMKM DIY berada di Jl. HOS Cokroaminoto No.162 Yogyakarta. Telepon (0274) 552149