Kamis, 30 April 2015 PLUT-KUMKM DIY dikunjungi oleh konsultan PLUT se-Indonesia. Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi, melihat lokasi PLUT Jogja serta melihat program-program apa saja yang dilakukan oleh PLUT Jogja. Kunjungan ini merupakan salah satu bagian acara Peningkatan Kapasitas PLUT-KUMKM Se-Indonesia yang diselenggarakan di Hotel GRAGE Jogja. Konsultan PLUT dari berbagai macam wilayah di Indonesia tiba di lokasi pada pukul 12.30. Ruang pertama yang di kunjungi adalah Galeery PLUT-KUMKM DIY yang mendisplay produk-produk UMKM yang didampingi oleh PLUT Jogja. Di ruang ini berbagai macam produk UMKM dari berbagai wilayan di DIY bisa kita dapatkan.

Ruang kedua yang dilihat oleh para konsultan adalah pojok entrepreneur. Seperti dalam Tujuh layanan PLUT bahwa pustaka enterpreneur merupakan layanan yang harus dijalankan oleh PLUT. Di ruangan ukuran 4 x 5 tersebut kita dapatkan buku-buku yang berhubungan dengan kewirausahaan. Buku tersebut diantaranya adalah bagaimana memulai bisnis (start-up bisnis), motivasi bisnis, pemasaran, bisnis online, internet marketing, budidaya pertanian peternakan dan masih banyak buku yang bisa kita baca sebagai seorang wirausaha tentunya. Moh Mursyid merupakan pustakawan yang bertugas di ruangan tersebut. Bukan hanya seorang pustakawan, Moh Mursyid juga memiliki sederet prestasi yaitu telah menulis beberapa buku serta menulis artikel dan dimuat di berbagai media.

Ruang yang selanjutnya adalah ruang administrasi dimana Erfan Pradana Darojat sebagai admin PLUT-KUMKM DIY. Sebagai seorang admin Erfan berperan aktif dalam pendataan KUMKM di seluruh Wilayah DIY, bukan hanya itu saja SOP yang dijalankan oleh PLUT Jogja juga dipantau dan dilaksanakan oleh Erfan. Erfan mengatakan bahwa sudah dipersiapkan database online yang mampu menampung ribuan bahkan jutaan database UMKM dan Konsultan Bisnis UMKM. Sehingga tidak perlu repot kalau mencari data dengan kriteria tertentu.

Ruang Konsultan yang terdiri dari 8 ruangan ini memiliki beberapa fungsi, satu ruangan sebagai ruang tamu, 6 ruangan sebagai ruang konsultan dansatu ruangan digunakan sebagai lab.packaging. Di lab packaging konsultan seluruh indonesia bisa melihat alat-alat yang digunakan oleh UMKM dalam mengamas produk terutama produk makanan. Akhir kunjungan oleh konsultan dari seluruh Indonesia adalah belanja produk UMKM yang berada di gallery PLUT Jogja. Selanjutnay Konsultan PLUT-KUMKM dari seluruh indonesia akan refreshing ke candi prambanan.