Jakarta- Hari ini, Senin, 27 Februari 2017 PLUT-KUMKM DIY bersama 293 orang konsultan pendamping Pusat Layanan Usaha terpadu (PLUT) Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) se Indonesia mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas konsultan pendamping tahun 2017. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM ini berlangsung di Hotel Ibis Cawang, Jakarta dari tanggal 27 Februari sampai 1 Maret 2017.

WhatsApp Image 2017-02-28 at 09.44.37 (1)

Kegiatan ini diikuti oleh peserta program PLUT KUMKM sejak tahun 2013-2016 yang terdiri dari 24 provinsi dan 25 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia. Selain itu, kegiatan ini diikuti pula 49 kepala dinas yang membidangi koperasi dan UMKM se-Indonesia dan pimpinan PLUT-KUMKM.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM RI, Ibu Yuana Setiowati, mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan kapasitas para konsultan pendamping.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan konsultan dalam aspek pengetahuan, wawasan dan sikap sehingga bisa memberikan pelayanan prima kepada koperasi dan UMKM”. Tutur Yuana Setiowati.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Bapak Agus Muharram, Mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa membangun PLUT KUMKM itu tidak mudah, terutama dalam melaksanakan dan memelihara fungsi-fungsinya dalam pelayanan kepada koperasi dan UMKM.

Bapak Agus Muharram menambahkan bahwa pedampingan telah memiliki payung hukum dengan diterbitkannya Permen Nomor 2 thn 2016 tanggal 4 januari 2016 tentang Pendampingan Koperasi, usaha Mikro dan Kecil.

WhatsApp Image 2017-03-01 at 00.37.56

Pesan Bapak Agus Muharram kepada para peserta pelatihan bahwa,
Konsultan pendamping KUMKM harus mampu menyesuaikan diri,memiliki mental serta attitude untuk melayani kopersi dan UMKM, harus punya skill,punya network dan mampu menciptakan peluang yang bermanfaat bagi kemajuan koperasi dan UMKM di wilayahnya masing masing.(wt)