Yogyakarta, Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM DIY gelar pelatihan menulis pada Senin (9/2/2015).  Acara ini di gelar dalam rangka meningkatkan kapasitas menulis bagi konsultan dan staf PLUT. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja bidang pelatihan dan pengembangan SDM tahun 2015.

Adapun yang menjadi pemateri dalam pelatihan menulis ini adalah Yuli Afriyandi Konsultan PLUT yang juga penulis aktif baik di media lokal maupun nasional, dan Moh. Mursyid Pustawakan PLUT yang juga penulis aktif dan sudah menerbitkan beberapa buku.

Acara di gelar di ruang rapat lantai 2 Gedung PLUT KUMKM DIY mulai dari jam 09.00 – 13.00. Sesi pertama disampaikan oleh Yuli Afriyandi membahas tentang kiat jitu menulis artikel. Dalam pemaparannya, menulis artikel itu harus dilandasi kegigihan. Karena banyak penulis berbakat tapi tidak menjadi penulis hebat, sementara banyak penulis tidak berbakat menjadi penulis hebat karena Ia gigih.

Sesi pertama cukup menarik karena peserta diajak untuk menemukan Ide menulis secepat mungkin (kurang lebih 5 menit). Setelah itu peserta disuruh membuat kerangka tulisan dan di presentasikan ke peserta yang lain. Dari hasil presentasi peserta, tampak peserta memahami kerangka kepenulisan artikel dan mampu membuat kemasan artikel utuh yang menarik.

Pada sesi kedua tentang membuat tulisan berita atau reportase. Dalam pemaparannya, Moh. Mursyid menekankan bahwa pentingnya 5 W 1 H (who, what, where, when, why, how). Dan Ia menjelaskan bahwa pemberitaan merupakan bagian dari mengangkat ‘branding’ personal maupun lembaga. Olehkarenanya penting untuk memperhatikan konten yang diberitakan.

Paparan materi kedua juga mendapat antusias dari peserta. Dan di sesi penutup, Koordinator Konsultan menyampaikan bahwa hasil kegiatan pelatihan menulis ini sangat menunjang program  ‘one day one artikel’ yang telah di gagas dan dilaksanakan pada tahun 2014 lalu yang menjadi program unggulan untuk memberitakan semua kegiatan pendampingan terhadap KUMKM di DIY.