Quality control. Merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk memastikan  tingkat kualitas tertentu dalam suatu produk dan jasa. Melalui Quality Control, seorang owner dapat memastikan apakah layanan produk/jasa yang diterima customer sudah layak, atau bahkan standar mutunya perlu ditingkatkan lagi.

Bagaimana Quality Control Bekerja

Dalam pelaksanaannya, Quality Control melakukan pengukuran terhadap produk/jasa yang dihasilkan. Contohnya perusahaan yang bergerak di bidang makanan. Team Quality Control akan bekerja dengan melakukan pengujian untuk produk yang dihasilkan, mulai dari rasa, kadar gizi, atau standar kualitas lain yang harus dipenuhi.

Dari hasil pengukuran tersebut, akan dilakukan evaluasi secara terus menerus. Hasil evaluasi tersebut akan menjadi dasar dalam tindakan perbaikan yang  dilakukan.

Tindakan perbaikan biasanya akan dilakukan dengan memberikan sosialisasi atau training secara berkesinambungan pada semua team. Namun tindakan perbaikan tersebut juga harus diikuti dengan komitmen dari seluruh team untuk memiliki visi dan misi yang sama dalam meningkatkan kualitas.

Salah satu tolak ukur keberhasilan Quality Control adalah besarnya kontribusi dari setiap team dalam perusahaan dalam meningkatkan kualitas. Sehingga kesulitan yang sering dihadapi oleh team quality control adalah membentuk visi dan misi yang sama pada semua team agar semua team memiliki kesadaran dan bersedia melakukan perbaikan untuk meningkatkan standar kualitas secara terus-menerus.

Dalam dunia bisnis, fungsi Quality Control seringkali disamakan dengan Quality Assurance. Padahal ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Tugas utama Quality Assurance adalah  memahami kebutuhan customer dan menentukan standar dan prosedur dari suatu produk/jasa. Di mana Quality Assurance mendapatkan data dari sample yang diberikan Quality Control maupun dari feedback customer. Sementara Quality Control bertugas untuk melakukan pemeriksaan dan inspeksi langsung ke produk/jasa yang dihasilkan apakah sudah sesuai standar dan prosedur yang ditetapkan Quality Assurance.

Sumber : mediaonline.com