Kak Wahyu Konsultan Pemasaran PLUT KUMKM DIY

Suatu ketika ada seorang wirausaha muda datang dan berkonsultasi tentang penjualan produknya yang saat itu cenderung menurun. Setelah menyampaikan keluhan dan persoalan yang dihadapi, akhirnya dia menanyakan bagaimana supaya penjualan usahanya itu lancar dan stabil.

Pertanyaan yang cukup singkat, namun memiliki jawaban yang sangat tidak mudah untuk dijawab. Kali ini akan kita coba share mengenai jawaban dari pertanyan tersebut, “Bagaimana supaya penjualan usahanya lancar dan stabil?”

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam usaha supaya penjualan produk dan jasa stabil adalah dengan mengetahui dan mengenali siapa saja yang menjadi calon konsumen dari suatu produk atau jasa. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan analisa pasar atau yang sering disebut dengan market segment.

Market segment adalah salah satu cara dalam melakukan pengelompokan calon konsumen berdasarkan ciri-ciri tertentu. Mengenali calon konsumen tidaklah mudah, karena seorang wirausaha dituntut untuk dapat secara jeli menentukan siapa yang menjadi market segment dari produk atau jasanya.

Calon konsumen merupakan orang yang memiliki kebutuhan terhadap suatu produk atau jasa. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang sangat bervariasi, maka sangatlah perlu untuk ditentukan terlebih dahulu kebutuhan apa yang akan dijawab oleh seorang wirausaha tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melihat apakah mereka itu sebagai salah satu calon konsumen produk atau jasa anda atau bukan. Misalnya dari letak geografis suatu wilayah, gender, usia, kebiasaan, serta kehidupan sosialnya.

Dengan mengetahui kriteria manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan sangat membantu dalam mengelompokkan jenis-jenis kebutuhannya. Jadi sangatlah penting buat para wirausaha untuk dapat mengenali siapa saja yang sebenarnya menjadi calon konsumennya.

Semoga bermanfaat dan salam sukses (y)