Yogyakarta, Rabu tanggal 22 februari 2017 PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) mengadakan acara “Kelas Digitalisasi Bisnis” yang dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 13.00 WIB, dan istirahat pukul 12.00 yaitu tepat pada jam istirahat PLUT, Kelas Digitalisai Bisnis berlangsung di ruang pelatihan lantai 2 PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu).IMG-20170221-WA0064

Kelas Digitalisasi Bisnis dihadiri sekitar 22 peserta yaitu oleh pemateri itu sendiri Bapak Doni Apriliantas, karyawan, konsultan dan mahasiswa magang dari Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

16819085_1842176726054756_6247827643628584433_o

Pak Doni membuka pertemuan dengan membahas Blog. Apa itu blog? Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali di muat dalam urutan terbalik (isi baru terdahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna sesuai dengan topik yang di perlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya menulisakan satu kata tertentu (keywoard) pada halaman pencarian google.

Pada dasarnya banyak sekali manfaat yang di dapat dari blog, tidak sedikit orang yang sukses dari menulis blog. Selain itu banyak sekali orang yang memanfaatkan blog salah satunya untuk berjualan secara online, alesanya karna blog itu tidak terkait waktu dan tempat. Dengan begitu, tentu saja akan memudahkan pembisnis dalam melakukan pemasaran produknya.

Tidak hanya itu dengan adanya blog orang juga tidak butuh modal besar untuk berbisnis karan situs web yang di tawarkan google merupakan situs web gratis. Tidak seperti pembisnis didunia nyata yang yang mengharuskan pembisnis mengeluarkan uang untuk sewa toko. Jadi ada banyak sekali manfaat dan kegunaan dari sebuah blog hanya saja kita harus mempunyai admin yang aktif untuki menjalankan blog tersebut, dan tidak lupa juga Pak Doni menjelaskan mengenai cara pembuatan blog.

Kemudian Pak Doni menjelaskan mengenai google treands, google trends adalah aplikasi web milik google yang dapat di gunakan untuk mendapatkan informasi yang paling trend atau paling terkenal dan paling banyak menjadi perhatian orang di jagat dunia maya menurut google dan google mengklasifikasikan topik paling hangat berdasarkan parameter pencarian yang paling bnyak di cari orang diseluruh dunia lewat mesin pencari miliknya.

Selanjutnya Pak Doni menjelaskan bahwa google trends sudah dilengkapi fasilitas pencarian berdasarkan klasifikasi tertentu, Negara misalnya, jadi seandainya kita memutuskan untuk melihat topik paling hangat di Negara tertentu, kita tinggal memeilih Negara yang ingin kita peroleh informasinya, dan google trends secara otomatis akan menampilkan topic terhangat di Negara tersebut. Informasi yang ditampilkan google trends ditampilkan dan dilengkapi gambar, jumlah pencarian dan juga sumber informasi tersebut berasal.

Penulis:

Silvina (Mahasiswa Magang 2017 UTY)