Hari ini selasa 25/08/2015 PLUT-KUMKM DIY  menyelenggarakan Kegiatan Kelasa Bisnis Selasa Pagi (KBSP). Program yang rutin dilaksanakan setiap pekan ini menyuguhkan tema Strategi Sukses Internet Marketing Seri; “The Power of Online The Power of Product”. Ada yang berbeda dari pelaksanaan KBSP hari ini yaitu menghadirkan dua narasumber dalam waktu bersamaan, yaitu Wira Sutirta (Konsultan PLUT-KUMKM DIY) dan Agus Budiono (Pengusaha rak minimarket). Hal ini bertujuan untuk memberikan suasana baru dari biasanya. Diharapkan dengan hadirnya dua narasumber dapat lebih mempertajam materi kelas yang disampaikan.

Beberapa point yang menjadi kesimpulan materi dalam program KBSP kali ini ada sebagai berikut :

Pebisnis online ada macam-macam, ada levelnya PKL (Pedagang Kaki Lima) online, dapat receh “gak papa” dan ini jumlahnya sanagat banya, ada pedagang pasar online, ada penggrosir online. Anda mau memposisikan diri yang mana?, kalau saya karena sama-sama gak butuh modal saya memilih yang grosir sekalian. Tapi yang dibutuhkan adalah kemampuan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk kepada kita.  Anda bisa bayangkan ada orang dari Papua belanja rak minimarket hampir 800 juta dan tidak pernah bertatap muka.

Ini contoh salah satu produk saya rak minimarket. Ketika orang berkunjung ke web ini dia akan lihat sales letter kita. Menarik atau tidak. Kalau tidak menarik dia akan pergi. Ketika dia tertarik maka dia akan menelpon kita. Hal pertama yang harus kita suguhkan adalah mereka harus percaya bahwa kita eksis. Maka saya beri no kontak, foto, produk, testimoni dan sebagainya. Ketika orang mulai telpon maka tugas kita meyakinkan bahwa kita adalah orang yang bisa dipercaya. Bagaimana orang akan mengirim uang ke rekening pribadi kita tanpa mereka bertemu sebelumnya. Maka tidak semudah bisnis konten.

Itulah yang menjadikan saya menyarankan Anda untuk masuk ke dunia ini. Tahun 2017 diperkirakan kenaikan orang belanja online akan meningkat 40%. Maka ketika kita terlena dengan bisnis offline maka kita akan ketinggalan kereta dan tidak akan pernah bisa bersaing dengan orang-orang di luar sana.

Saya menyarankan kepada pebisnis pemula agar mengukur potensi produk. Karena bisnis online itu saintific marketing. Saya akan berikan contoh, saya punya produk etalase kaca. Harga etalase kaca pencarinya lebih besar daripada rak mini market, tetapi penjualannya lebih besar rak minimarket. Karena masing-masing punya pasar yang berbeda, produknya berbeda.20150825014628