WhatsApp Image 2017-04-04 at 09.56.33KBSP #74- Selasa 04 April 2017. Pagi ini bertempat di kantor CIS PLUT DIY dilaksanakan Kelas Bisnis Selasa Pagi (KBSP) ke-74. Topik perbincangan pagi ini adalah “Teknik Menyusun Kontrak Bisnis” yang di fasilitasi oleh LBH AMI (Advokat Muslim Indonesia).

Pada acara ini, para pelaku UMKM diajak tau lebih jauh akan pentingnya kontrak bisnis, manfaat, serta bagaimana teknik penyusunan kontrak bisnis yang baik. Tidak hanya itu, para UMKM juga diajak praktik langsung sehingga acara pagi ini lebih aplikatif.

WhatsApp Image 2017-04-04 at 09.47.23 (1)Kelas ini merupakan tindaklanjut dari KBSP sebelumnya yang mengusung tema tentang teknik penyusunan proposal bisnis. “Setelah kelas sebelumnya yg mengupas tentang cara membuat proposal bisnis untuk investor, maka selanjutnya ketika terjadi kesepakatan maka langkah selanjutnya adalah membuat kontrak, kelas hari ini menjadi penting karena akan mengupas bagaimana membuat kontrak bisnis yang sesuai dengan hukum”, papar Yuli Afriyandi, Konsultan CIS PLUT DIY sebagai moderator yang menghantarkan narasumber.

WhatsApp Image 2017-04-04 at 09.47.23 (2)Hadir dalam acara pagi ini sekitar 20 peserta yang berasal dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra CIS PLUT DIY. Para peserta antusias menyimak materi yang disampaikan terbukti dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta kepada narasumber. Pertanyaan yang diajukan seputar bagaimana penyelesaian jika ada kontrak yang bermasalah dan lain sebagainya.

Pada sesi setelah materi, peserta di ajak untuk praktik membuat kontrak kerjasama. Hal ini sesuai dengan karakter KBSP yang memiliki luaran bahwa peserta tidak sekadar mendapatkan pengetahuan akan tetapi juga skill atau kemampuan mereka meningkat pasca mengikuti KBSP. Oleh karena itu, setiap kelas yang diselenggarakan KBSP selalu memiliki konten yang menarik dan aplikatif yang dibutuhkan oleh pelaku umkm DIY.[] (Yandi)