Tahun 2016 PLUT KUMKM DIY menyelenggarakan program Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas. Program ini merupakan inovasi layanan pendampingan bisnis yang menjadi layanan unggulan.

Seperti hal yang sudah jamak diketahui oleh masyarakat pelaku usaha, model layanan program inkubator bisnis merupakan layanan pendampingan bisnis yang sistematis, integrative dan interkonektif. Model ini sudah banyak dilaksanakan terutama di kampus-kampus yang menjalankan program inkubator bisnis dengan menyediakan fasilitas bagi percepatan penumbuhan wirausaha melalui sarana dan prasarana yang dimiliki sesuai dengan base competency-nya. Sehingga pengguna jasa (tenant) dapat memperbaiki sisi-sisi lemah dari aspek-aspek wirausahanya.

Adapun model inkubator bisnis yang dikembangkan oleh PLUT KUMKM DIY sedikit berbeda dengan model inkubator bisnis pada umumnya. Hal yang membedakan model inkubator bisnis yang ada di PLUT adalah sasaran dan out put program. Selama ini model inkubator bisnis yang ada merekrut tenant (peserta inkubator) yang belum memiliki bisnis, dan outputnya adalah penciptaan wirausaha baru (start up business).

Sedangkan program inkubator bisnis yang dijalankan di PLUT KUMKM DIY menyasar pelaku usaha pemula (start up business) yang potensial dengan target “Naik Kelas”. Adapun jenis usaha yang menjadi peserta dalam program ini adalah, fashion, makanan minuman, kerajinan, jasa, dan industry kreatif yang masuk dalam kategori usaha mikro dan kecil dengan target peserta sebanyak 100 tenant. Lebih jelasnya, program ini dilaksanakan selama 1 tahun dengan fokus penguatan kapasitas pada tiga bulan pertama dan selanjutnya masuk dalam tahap pengembangan bisnis.

Adapun konsep naik kelas yang menjadi dasar pemikirannya adalah usaha semakin berkembang, produktivitas bertambah, dan daya saingnya meningkat. Adapun indikatornya seperti; ssahanya menjadi formal, total penjualan meningkat, jumlah Pelanggan yang dilayani meningkat, asset meningkat, pajak yang dibayarkannya meningkat, jumlah karyawan meningkat, kualitas SDM meningkat, sistem administrasi dan keuangan meningkat, barang yang diproduksi meningkat, dana yang diakses dari perbankan meningkat, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya terkait alur program bisa di lihat gambar dibawah ini:

 

 

inbis umkm naik kelas