IMG-20170203-WA0000[1]Sebelum memulai bisnis tentu membutuhkan strategi dan konsep bagaimana cara membuat rancana strategis dalam bisnis. Ada point-point utama yang begitu menentukan kemajuan bisnis kita. Materi tersebut disampaikan dalam kegiatan Kelas Bisnis Selasa Pagi (KBSP) ke-69 di PLUT-KUMKM DIY, materi tersebut disampaikan oleh Cahyadi Joko Sukmono dai PT. Forbiz Indonesia dengan 30 peserta, di ruang rapat lantai dua PLUT-KUMKM DIY, Selasa (31/01) kemarin.

Sebelum materi disampaikan terlebih dahulu para peserta agar menggambarkan dua minggu terakhir terkait hal yang paling disesali. Selanjutnya peserta dibagikan kertas untuk menuliskannya dari present state (PS) atau kondisi sekarang (KS) hingga desine state (DS) atau kondisi yang diinginkan (KD).

Dalam kegiatan tersebut memuat empat langkah pokok penting sebelum memulai bisnis. Pertama, gagasan besar tidak cukup hanya dipikirkan, namun harus dituliskan. Maksudnya adalah kita tidak cukup dengan hanya memikirkan tanpa dituangkan dalam sebuah tulisan. Karena gagasan besar ytang dituangkan dalam sebuah tulisan 90 persen akan mampu terealisasikan.

IMG-20170203-WA0004[1]

Kedua, gagasan besar yang tertulis harus diwujudkan. Artinya, gagasan kita yang sudah dituliskan tadi harus kita wujudkan. Apapun caranya, bagaimanapun prosesnya dan harus diwujukan sekarang, jangan tunda lagi. Tentunya direalisasikan dengan rencana strategis bisnis yang baik dan jelas.

Langkah ketiga, seiringnya kegagalan sebuah gagasan besar adalah salah implementasi. Dalam setiap gagasan yang sudah bisa diimplementasikan juga belum tentu berjalan mulus seperti yang kita bayangkan. Untuk itu perlu adanya kerja keras, dan tentunya rencana strategi begitu penting sebelum memulai bisnis. Baik itu ditentukan dalam waktu sekian jam, hari, minggu, bulan dan sebagainya itu mampu menghasilkan apa? Dan bagaimana agar mampu berkembang usaha kita dan tentunya kita berpartner dengan siapa saja?

Terakhir, untuk memastikan implementasi butuh perencanaan strategis yang detail. Perencanaan strategis yang detail harus mampu dijabarkan sebelum memulai melangkah. Artinya apabila kita gagal merencanakan maka sama dengan kita merencanakan kegagalan. Semakin sulit jalan didepan kita berarti semakin besar hasil yang akan kita dapatkan. Selanjutnya rencana strategis tersebut akan menjadi sistem yang terbentuk, sehingga cara terbaik adalah menuliskannya rencana tersebut dan bagaimana mempercepat akselerasi hasil. Aapabila dalam perjalanan kita ada perubahan pikiran, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan cara merubah strategi dan target dirancang kembali.

 Sementara itu Azizah salah satu peserta UMKM produknya adalah Jameela Souvenir, menyatakan bahwa melalui pelatihan kelas bisnis selasa pagi ini mendapatkan ilmu dan materi baru, dan tentunya sangat membantu dalam usaha bisnis souvenir dan menjadi prahu dalam perkembangan bisnis UMKM dengan produk lainnya. Harapannya, kegiatan KBSP tersebut selalu dilaksanakan dengan materi-materi baru dan bermanfaat khususnya bagi pertumbuhan omzet dan UMKM harus naik kelas.

Sagitaria Saputri/Mahasiswa Magang 2017/Ekonomi Syariah/UIN Sunan Kalijaga