Pada Selasa 02 Desember 2014, Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM DIY menyelenggarakan Bimtek Analisa Laporan Keuangan bagi Koperasi di DIY. Acara yang di buka langsung oleh Kepala Disperindagkop dan UKM DIY Bpk. Ir. Riyadi Ida Bagus Salyo Subali, MM mengikutsertakan 25 Koperasi. Dalam sambutannya Kepala Disperindagkop dan UKM mengapresiasi kegiatan Bimtek ini. Tidak lupa beliau juga mengingatkan kepada peserta untuk dapat mengikuti dengan serius disetiap sesi bimtek.

Setelah pembukaan, dilanjut dengan pemaparan tentang kelembagaan PLUT serta latar belakang kegiatan. Pemaparan ini disampaikan langsung oleh Koordinator Konsultan PLUT, Yuli Afriyandi.IMG-20141210-WA0004

Beliau menjelaskan bahwa PLUT adalah rumah bersama bagi pelaku KUMKM. Sehingga segala kegiatannya tidak lain diperuntukkan bagi KUMKM di DIY. Begitupun halnya kegiatan ini, “Bimtek Analisa Laporan Keuangan bagi Koperasi di DIY adalah salah satu layanan dari 7 layanan yang kami berikan dalam rangka mensupport KUMKM naik kelas untuk menghadapi MEA 2015”, ujar Yuli Afriyandi.

Menaikkan kelas bisa diberi pengertian bahwa ada perubahan kelas dari semula mikro menjadi kecil dan seterusnya. Begitupun juga bisa diberi pengertian lain seperti perubahan manajemen yang lebih professional pada Koperasi. “Karena, banyak dari pelaku khususnya Koperasi membenarkan standar yang biasa bukan membiasakan standar yang benar” ujar nya lebih lanjut.” Pernyataan ini tentu berangkat dari berbagai fenomena adanya permasalahan yang berkaitan dengan standarisasi laporan keuangan yang terjadi di lembaga keuangan khususnya Koperasi. Padahal laporan keuangan dibutuhkan untuk kepentingan manajemen dan pihak-pihak lain untuk mengetahui kinerja Koperasi tersebut. Salah dalam membuat atau menganalisa laporan keuangan, memungkinkan salah dalam mengambil keputusan manajemen.

IMG-20141210-WA0003Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan materi inti yang disampaikan oleh Bpk. Rudi Suryanto Senior Konsultan lembaga Syncore Consulting. Ruanglingkup materi yang disampaikan meliputi, arti peting laporan keuangan, indicator kinerja keuangan koperasi, dan analisis laporan keuangan koperasi.

Acara berlangsung lancar, peserta antusias dalam mengikuti sesi Bimtek dan mereka menghendaki ada kegiatan-kegiatan berikutnya yang serupa dengan Bimtek ini.