REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Google menggelar pelatihan terhadap pelaku usaha kecil menengah (UKM) dengan nama roadshow Gapura di Yogyakarta, Sabtu (8/3). Konferensi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini bertujuan membuka wawasan dan memaksimalkan peluang berbisnis online.

“Ini untuk menginisiasi wirausaha Indonesia untuk go online dan perdagangan internasional,” kata Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Google kepada wartawan di Yogyakarta, Sabtu (8/3).

Roadshow Gapura Google ini diikuti sebanyak 450 peserta yang berasal dari Yogyakarta, Solo, Semarang dan sekitarnya. Mereka datang ke acara ini untuk belajar menemukan bisnis yang akan digeluti, cara berpromosi, sharing dengan sesama pelaku bisnis dan aksi.

“Ada empat konsep yang diajarkan dalam roadshow ini yaitu learning, sharing, action dan colaboration. Sehingga setelah mengikuti acara ini peserta segera melaksanakan usahanya,” kata Shinto.

Saat ini, kata Shinto, semakin banyak usaha kecil dan menengah yang mengerti pentingnya internet. Namun mereka belum memaksimalkannya karena berbagai kendala seperti waktu dan pengetahuan.

“Sebagai wujud dukungan bagi komunitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, Google mengadakan rangkaian Roadshow Gapura ini. Maksud Gapura setelah melewati Gapura, pelaku UKM terus online,” katanya.