Seringkali seorang wirausaha atau pebisnis bertanya bagaimana cara untuk meningkatkan ledakkan penjualan produk bisnis. Pertanyaan yang biasa ditanyakan baik pada diri sendiri maupun pada orang lain.

Menurut Tung Desem Waringin dalam bukunya Finansial Revolution yang dimaksud faktor kali dalam bisnis adalah sesuatu bisnis yang sekali kita sentuh akan berefek multiplier. Ya, suatu bisnis bila menggunakan faktor kali maka sekali promosi bisnis, maka akan ada efek besar dalam bisnis itu.

Ada perbedaan besar diantara orang yang sukses dalam bisnisnya, dengan orang yang biasa-biasa saja dalam bisnisnya, dan orang yang kurang berhasil dalam bisnisnya. Salah satu perbedaan terbesar adalah bagaimana seorang wirausaha mencermati tentang nilai tambah dan faktor kali dalam bisnisnya.

Pernahkan anda tahu bahwa orang yang kaya mempunyai nilai tambah dalam bisnisnya dan juga menggunakan faktor kali untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatannya. Hal ini berbeda dengan orang biasa yang mempunyai nilai tambah, tapi ia tidak menggunakan faktor kali. Dan orang yang kurang berhasil dalam bisnisnya adalah orang yang lupa terhadap nilai tambah tetapi malah banyak menggunakan faktor kali dalam bisnisnya.

Sebagai contohnya adalah sebuah warung makan yang sangat laris dan ramai dikunjungi orang. Semua macam masakan dibuat dengan baik dan berbeda dari warung makan yang lainnya. Kemudian warung makan itu juga dibuat menjadi bagus dalam hal pelayanan, higienis, cepat dan murah. Itulah nilai tambah untuk bisnis warung makan tersebut. Dan dengan nilai tambah yang ada itu, bisns wawrung makan menjadi ramai dikunjungi konsumen.

Ketika warung makan tersebut semakin ramai, maka semakin panjang pula antrian konsumen untuk memesan masakan. Semakin lama semakin banyak orang menunggu dan semakin banyak orang akan merasa kurang nyaman dengan menunggu. Dengan adanya hal tersebut, kemudian pemiliki warung makan memutuskan untuk menambah jumlah karyawan. Dengan menambah jumlah karyawan akan berdampak semakin banyak orang yang terlayani dan semakin orang puas dengan pelayanan warung makan tersebut.

Dari sekilas cerita diatas bisa disimpulkan bahwa ketika intgin menambah jumlah penjualan, perlu adanya peningkatan kinerja. Dengan adanya waktu dan tenaga yang terbatas, membuat penghasilan yang dihasilkan tetap selalu terbatas. Tetapi setelah adanya ppenambahan jumlah karyawan, jumlah konsumen yang dilayani menjadi semakin banyak. Hal inilah yang perlu dicermati, bahwa kita tidak dapat melakukan semuanya sendiri.

Setiap manusia punya keterbatasan waktu dan tenaga untuk beraktivitas maupun untuk bekerja. Oleh karena setelah memiliki nilai tambah tersebut, diperlukan faktor kali. Dengan adanya faktor kali inilah yang membuat pekerjaan kita menjadi sangat ringan.

 

Bila anda ingin sukses dalam usahanya dan terus bertambah kesuksesannya maka langkah yang harus diamil adalah dengan menggunakan nilai tambah dan faktor kali. Dan langkah inilah yang dilakukan para wirausaha yang berhasil menjadi raja dari bisnis yang dia lakukan. Jadi, perlu digaris bawahi bahwa orang-orang yang sangat sukses dalam masing-masing bidang itu mempunyai nilai tambah , dan mereka kalikan sehingga orang banyak bisa merasakan nilai tambah tersebut.

 

Bagaimana dengan anda? Apakah anda menggunakan faktor kali dalam meningkatkan penjualan bisnis setelah anda memiliki nilai tambah? Atau apakah anda merasa belum memiliki nilai tambah dalam bisnisnya? Kalau begitu, segeralah untuk mencari dan kemudian ciptakan apa saja yang bisa menjadi nilai tambah dari bisnis anda itu. Kemudian, gunakanlah faktor kali agar semakin banyak orang atau konsumen yang menikmati produk atau jasa anda.

Semoga bermanfaat, dan salam sukses (^__^)