Administrasi merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam mengelola suatu usaha maupun bisnis. Apapun jenis bisnis anda dan seberapa besar atau kecil bisnis yang anda jalankan tidak akan luput dari pentingnya peran administrasi guna mendukung kelancaran bisnis dan menopang pertumbuhan usaha anda.
Walaupun anda adalah pelaku bisnis pemula dan bisnis yang anda jalani masih tergolong kecil jangan pernah menyepelekan pentingnya sistem administrasi. Praktek penerapan administrasi pada bisnis anda, dapat dimulai dengan sistem administrasi yang paling sederhana, seperti:
1. Membuat catatan harian atas penjualan
2. Membuat catatan atas setiap pembelian
3. Menyimpan nota-nota pembelian
4. Membuat dan menyimpan nota untuk setiap penjualan usaha anda.
Setelah anda terbiasa melakukan administrasi sederhana pada bisnis, selanjutnya anda dapat mencoba dan memulai belajar membuat sistem pembukuan, membuat perhitungan atau laporan laba-rugi, dan menyusun neraca keuangan.
Paling tidak ada 4 (empat) manfaat yang anda peroleh, dari melakukan administrasi pada bisnis, manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui seberapa besar laba usaha anda.
Dengan melakukan administrasi, anda dapat lebih memastikan seberapa besar keuntungan yang anda peroleh tidak dengan cara mengira-ngira, setiap catatan penjualan dan pembelian adalah bukti dan data yang jelas.
2. Menghindari dari resiko kerugian.
Dengan melakukan administrasi, setidaknya anda tidak akan lupa dan salah dalam menetapkan suatu harga penjualan. Hal ini untuk menghindari resiko bila anda tidak menyimpan catatan pembelian dan nota-nota pembelian.
3. Data bagi pengembangan bisnis.
Bila bisnis anda telah menerapkan administrasi dengan baik, maka anda dapat dengan mudah membandingkan besarnya penjualan setiap bulan atau setiap tahun, dan anda dapat dengan mudah mengukur seberapa besar persentase pertumbuhan bisnis anda. Mungkin anda akan mulai mencoba melakukan penambahan modal agar bisnis anda semakin berkembang.
4. Sebagai data penting bagi investor anda.
Seiring dengan kemajuan bisnis yang anda jalani, tentunya anda akan melakukan penambahan modal agar bisnis anda lebih maju dan berkemban. Mungkin anda akan mencari investor atau partner bisnis. Investor bisa perorangan atau suatu lembaga seperti bank, koperasi dan lembaga lainnya. Siapapun investor bisnis anda tentu mereka, tentu mereka memerlukan suatu data untuk mengetahui seberapa besar kemajuan usaha dana laba usaha anda. Bila anda telah melakukan administrasi pada bisnis tentu data-data tersebut telah anda miliki.

SUMBER :
http://izonarsip.blogspot.com/2014/04/4-manfaat-administrasi-bagi-bisnis-anda.html

Red : Novita Erfan Kurniatri