Yogyakarta – Hari ini, Kamis tanggal 30 Maret 2017, Konsultan PLUT bidang IT dan Staff Bidang Administrasi PLUT KUMKM DIY mengikuti kegiatan Diseminasi Kerjasama pendampingan KUMKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Hotel Platinum Yogyakarta.
Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini diikuti oleh Konsultan PLUT KUMKM seluruh Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kotabaru Kalimantan Selatan, Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan Bulungan Kalimantan Utara.

Pada kegiatan ini Kementerian Koperasi dan UKM selain mengadakan kegiatan Diseminasi Kerjasama pendampingan KUMKM juga meluncurkan aplikasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM atau CIS SMEsCO berbasis android. Aplikasi tersebut akan menjadi pusat layanan informasi bagi pelaku KUKM.

Disampaikan oleh oleh Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM, Ibu Eviyanti Nasution, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk optimalisasi peran dan fungsi PLUT-KUMKM, diantaranya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi melalui aplikasi CIS SMESCO yang telah tersedia di perangkat android.WhatsApp Image 2017-03-31 at 14.06.10

Konsultan PLUT KUMKM DIY bidang IT, Bapak Annas Setiawan Prabowo, menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini Kementerian Koperasi dan UKM telah meluncurkan aplikasi yang sangat bagus dan bermanfaat bagi kemajuan para pelaku usaha dan koperasi, Semoga lekas bisa digunakan untuk kemajuan KUMKM khususnya di DIY.

Aplikasi dapat diunduh melalui Google Play ataupun bisa diakses langsung melalui http://www.manajemen.cis-nasional.id./ Beberapa layanan yang tersedia di aplikasi tersebut adalah: Konsultasi Online dan Informasi Pasar. Melalui smartphone, KUMKM di seluruh penjuru tanah air bisa melakukan konsultasi langsung dengan PLUT–KUMKM terdekat.[wahyu]