Yogyakarta, Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir. Yuana Sutyowati Barnas, MM. mengunjungi sentra Tenun Stagen dan Lurik di dusun Pakelan, Sumberarum, Moyudan, Sleman, Yogyakarta Rabu, 16 Maret 2016. Kunjungan Deputi RU dalam rangka upaya pengembangan KUMKM dalam program pendampingan KUMKM dengan pendekatan sentra yang mulai dilakukan tahun ini.

“Kunjungan awal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi awal dan memetakan permasalahan serta kebutuhan salah satu sentra yang akan kami dampingi tahun ini, sehingga kami ada masukan program seperti apa yang nantinya dibutuhkan oleh sentra, salah satunya sentra Sentra Tenun Stagen dan Lurik di Moyudan ini.” ujar ibu Yuana.

IMG_20160316_133339

Sebelumnya, sebanyak 50 perajin tenun Stagen dan Lurik yang tergabung dalam kelompok Karya Manunggal dikumpulkan di hotel Rich Sahid Yogyakarta untuk diberikan sosialisasi dan assessment awal. Perajin sangat antusias dengan niak baik kementerian Koperasi dan UKM yang berniat menjadikan sentra Tenun Stagen dan Lurik sebagai salah satu sentra yang akan dibina oleh kementerian. Besar harapan perajin, pendampingan yang nantinya dijalankan kementerian melalui PLUT-KUMKM DI Yogyakarta menjadikan usaha yang telah turun-temurun ini lebih berkembang lagi.

“Mulai tahun ini, Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM RI melalui asdep Pendampingan Usaha mulai mengembangkan pendampingan dengan pendekatan Sentra UMKM, hal ini juga kami maksudkan untuk memaksimalkan layanan PLUT-KUMKM yang sudah ada di 42 titik di Indonesia, termasuk di DIY ini. Harapanya, selain sebagai lembaga layanan bisnis, PLUT-KUMKM memiliki binaan yang langsung berbasis sentra UMKM.” terang ibu Ir. Nur Ediningsih, MM. yang ikut serta mendampingi ibu Yuana.

IMG_20160316_162026

Ibu Deputi RU dan jajarannya terlihat sangat antusias saat kunjungan langsung ke sentra Tenun Stagen dan Lurik. Kunjungan lapangan ini diahiri dengan belanja di showroon sentra perajin tenun Stagen dan Lurik. IS