Acara dimulai pukul 10.00 bertempat di balai desa bedoyo, Gunung Kidul. Peserta berasal dari sentra batik bedoyo kulon progo. Acara dipandu oleh MC dari PLUT-KUMKM DIY yaitu Annas Setiawan Prabowo. Selanjutnya sambutan dilakukan oleh PLUT-KUMKM DIY selaku koordinator acara yaitu Imam Syafi’I yang menjelaskan tentang detail, tujuan dari acara Pendampingan Teknologi Tepat Guna. Sambutan selanjutnya sekaligus membuka acara yaitu yang mewakili bapak Kepala Desa Bedoyo, Sambutan terakhir sekaligus memberikan motivasi kepada para peserta yaitu perwakilan dari Disperindagkop dan ESDM kabupaten Gunung Kidul yaitu Ibu Tugiyem.

Menginjak acara ke empat materi yang akan disampaikan oleh Mas Guntur yaitu tentang Cara membatik. Peserta dibagi menjadi lima kelompok dan masing masing kelompok diberikan alat sekaligus bahan untuk membatik. Langkah-langkah yang diajarkan oleh pemateri langsung dipraktekkan oleh para peserta. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Peserta diminta memotong kain ukuran 1 meter x 2 meter. Selanjutnya peserta menyusun gambar pola diatas meja yang telah disediakan sebelumnya. Kain batik diletakkan diatas pola dan digambar sesuai dengan pola yang sudah ada. Selesai menggambar kemudian batik dicanting dengan malam yang telah dipanaskan diatas kompor kecil. Langkah selanjutnya adalah mewarnai batik dengan warna sesuai kebutuhan yaitu merah dan cokelat. Setelah pewarnaan maka langkah terakhir adalah finishing. Peserta sangat antusias dalam menjalankan kegiatan Pendampingan Teknologi Tepat Guna di Sentra Batik Bedoyo Gunung Kidul.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Guntur diserap dengan baik oleh para peserta, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang sudah mampu menghasilakan karya batik yang diajarkan. Selain itu, hasil dari kuesioner reaksi yang diisi oleh para peserta puas dapat menerima materi dengan baik. Diakhir acara peserta membentuk kelompok batik bedoyo dengan ibu Tatik sebagai ketua kelompok, Ibu Nuryani sebagai sekretaris dan Ibu Sulas sebagai bendahara. Terpilih sebagai pendamping kelompok sekaligus fasilitator dari perpusdes Bedoyo yaitu ibu Dian. Peserta berharap aka nada tindak lanjut dari kegiatan ini sehingga kelompok yang dibentuk ini menjadi semakin solid dan berkembang dalam menjalankan usahanya.