PLUTJOGJA, Hari ini, Kamis 28 Januari 2016 PLUT KUMKM DIY bersama dengan BDS Rafinda dan ukmmarket.com bersama-sama mengadakan kegiatan Catch Program. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 125 pelaku UMKM ini mengusung tema “Tingkatkan Penjualan dan Perluasan Kanal Pemasaran”.

Catch Program PLUT Jogja“Sampai saat ini masih banyak UMKM yang belum melek pada teknologi. Mereka tak tahu apa itu berjualan online, mereka tak tahu apa itu email,” terang Kepala Seksi Pusat Pelayanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM DIY, Sudarso dalam acara Catch Program di Gedung PLUT KUMKM DIY.

Salah satu latar belakang kegiatan ini adalah adanya permasalahan para pelaku usaha dalam memperluas jaringan usaha. “Sampai saat ini masih banyak pelaku UMKM yang belum mampu memanfaatkan internet secara maksimal sebagai bagian dari marketing produk. Maka dari itu kita bantu dengan kegiatan ini supaya mereka lebih mudah dalam mendapatkan foto produk yang berkualitas dan deskripsi produk yang sesuai sehingga konsumen akan menjadi percaya” kata Ketua panitia acara Catch Program, Wahyu Tri Atmojo.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam menggunakan internet sebagai bagian marketing harus memiliki unsur trust atau kepercayaan. Kepercayaan konsumen akan muncul salah satunya apabila foto produk dan deskripsi yang ditampilakn sesuai.

Beliau berharap dengan adanya banyak kemudahan yang ditawarkan oleh ukmmarket.com ini akan menjadi jembatan yang memudahkan pelaku UMKM dalam mengembangkan pasarnya masing-masing. Apalagi dengan adanya fasilitas foto produk gratis dan pendampingan menyusun diskripsi produk akan semakin mudah dalam melakukan marketing lewat media internet.