Bisnis berubah dengan cepat seiring dengan perkembangan Teknologi yang sangat cepat. Namun perkembangan tersebut memunculkan banyak ide tentang bisnis kreatif yang semula tidak terfikirkan oleh manusia, justru sekarang menjadi trend center. Kreatifitas dibutuhkan untuk menciptakan ide dan peluang bisnis. Bisnis kreatif merupakan model bisnis yang dijalankan tanpa memandang keterbatasan yang ada, baik keterbatasan modal, pasar, produk maupun sumber daya manusia. Dengan kreatifitas kita akan mampu menjalankan bisnis dengan bagus dan usaha juga akan semakin berkembang.

Siapa saja yang melakukan bisnis kreatif ?

Kita lihat Ojek Online yang memiliki model bisnis kreatif. Semula ojek dilakukan manual dengan mangkal di berbagai tempat, kini ojek bisa dipesan secara online. Dengan aplikasi tersebut baik pelanggan maupun tukang ojeknya melakukan penghematan waktu. Taksi online, taksi semula pesan via telfon, sekarang bisa dipesan via smartphone dengan aplikasi android. Dunia pun semakin dalam genggaman.

Englishcafe merupakan salah satu bisnis yang kreatif. Kursus bahasa inggris yang diadakan di cafe, namun englishcafe tidak memiliki tempat (cafe) untuk mengajar. Maka dhal tersebut memunculkan kreatifitas dengan bekerjasama dengan cafe-cafe. Sistem pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan di cafe merupakan konsep bisnis yang kreatif.

Bagaimana menciptakan bisnis kreatif ?

Kreatifitas tentu tidak datang dengan sendirinya, melainkan datang hanya karena ada latihan dan riset. Honda tidak akan sukses seperti sekarang jika saja dia tidak melakukan latihan dan riset. Jika kita pernah mendapatkan mata kuliah metode penelitian maka kita akan lebih mudah dalam memetakan bisnis yang kreatif. Cara menciptakan bisnis kreatif hanya dengan kreatifitas. Kreatifitas boleh dikembangkan asal jangan kebablasan. Artinya kreatifitas harus disesuaikan dengan norma dan peraturan yang berlaku.

1. Sharing Ide Bisnis Kreatif

Sering sharing dengan kawan-kawan komunitas bisnis dan konsultan bisnis dalam mengembangkan bisnis kreatif. Ide-ide kreatif kadang muncul dengan sendirinya, maka jangan jauh jauh dari alat tulis anda. Terserah media apa yang akan dipakai mau buku, smartphone, tablet atau laptop yang paling penting adalah tulislah ide bisnis anda. Tulislah yang ingin dilakukan, kemudian lakukan saja apa yang anda tulis.

 

Gabungkan ide-ide bisnis anda menjadi satu kesatuan yang utuh. Pake jurus ATM, Amati Tiru dan Modifikasi. Beberapa ide yang telah anda kumpulkan gabungkanlah dan dipilah-pilah. Sehingga anda akan mendapatkan satu ide bisnis kreatif yang akan anda eksekusi.

2. Berfikirlah out of the box.

Sesekali tinggalkan cara berfikir anda yang lama. Keluarlah dari cara berfikir lama ke cara berfikir baru. Pandanglah setiap peluang dari berbagai sudut. Caranya gimana? Buatlah ide-ide gila. Tapi ingat, buat bisnis yang ada pangsa pasarnya. Jangan buat bisnis yang ga ada pangsa pasarnya. Rencana bisnis kreatif hari ini adalah kenyataan bisnis kreatif esok pagi.

3. Buatlah Rencana Bisnis yang Kreatif

Ide kreatif, maka cara eksekusinya juga harus kreatif pula. Kreatif bukan sebatas menciptakan hal-hal baru, namun kreatifitas bisa juga memodifikasi. Jika berat membuat hal-hal baru maka lakukanlah modifikasi. Buat beda dengan yang lain, kalau sama ya sama aja gak kreatif. Tuangkan dalam rencana bisnis ide bisnis kreatif anda. Gagal rencana sama saja gagal yang direncanakan. Untuk membuat rencana bisnis anda dapat memakai banyak alat. Rencana bisnis yang kreatif adalah rencana yang dijalankan. Jangan hanya sampai perencanaan saja, namun anda harus menjalankan bisnis. Jika tidak punya rencana bisnis maka anda tidak akan memiliki bisnis yang sehat. Jika tidak memiliki bisnis mana mungkin anda memiliki bisnis kreatif. Bisnis kreatif berbanding lurus degan bisnis sukses.