Penting bagi semua para pelaku usaha khususnya bagi wirausaha pemula memiliki sebuah rencana dalam menjalankan kegiatan usahanya. Khususnya bagi wirausaha pemula, ada baiknya mereka memiliki gambaran kegiatan usahanya sebelum memulai usaha. Selain untuk untuk memberikan arah dan tujuan yang jelas, rencana usaha akan memandu kita supaya tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Memulai wirausaha dalam bentuk usaha kecil akan memberikan pengalaman demi pengalaman dalam pengelolaan usahanya. Namun begitu, bila suatu usaha baru tidak dibarengi dengan penyusunan business plan  maka kemungkinan majunya usaha menjadi kurang maksimal. Memang betul ada disekeliling kita seorang wirausaha yang langsung membuka usaha dan usahanya langsung menjadi besar tanpa mempunyai business plan terlebih dahulu. Akan tetapi yang seperti itu jumlahnya tidak banyak. Bahkan jika usaha besar ini mengalami benturan-benturan bisnis maka akan timbul kepanikan bagi pemiliknya sendiri dan juga perusahaan semacam ini gampang jatuh atau mengalami kegagalan. Atau bisa jadi usaha tersebut hanya akan besar sesaat diawal namun dikemudian hari mengalami kegagalan.

Membuka usaha baru sebaiknya memiliki rencana yang matang. Rencana harus dimiliki oleh setiap pengusaha yang ingin sukses. Rencana usaha yanng dibuat sebaiknya dapat tertulis atau terdokumentasikan dengan baik walaupun rencana usaha tersebut sederhana. Banyak wirausaha pemula di indonesia yang tidak mau ataupun mungkin tidak mampu atau bahkan memiliki rasa segan menulis rencana usahanya tersebut karena berbagai alasan. Mereka kebanyakan memulai usaha dengan sebuah perencanaan yang hanya ada didalam angan-angan mereka. Atau bahkan mereka memulai usaha atas dasar hanya sekedar ikut-ikutan saja. Hasilnya terbukti dari beberapa survei di Indonesia menunjukkan bahwa kurang lebih lima puluh persen wirausaha pemula akan menutup usahanya hanya dalam waktu satu bulan. Sebuah persentase yang cukup tinggi bila dilihat dari segi kemampuan wirausaha pemula untuk memulai usahanya. Selain itu juga dalam memulai kegiatan berwirausaha, pastinya juga mengeluarkan biaya. Bila usahanya gagal, maka uang yang sudah dikeluarkan pasti juga terfikirkan.

Sebelum memulai usaha baru hendaknya para wirausaha pemula dapat membuat business plan terlebih dahulu. Ada banyak manfaat bila seorang wirausaha pemula membuat business plan. Wirausaha pemula yang menyusun business plan pasti memiliki sebuah tujuan serta akan memikirkan bagaimana usahanya kedepan dan seperti apa cita-cita masa depan perusahaan yang dia dirikan. Bila dari awal sudah memiliki tujuan yang kongkrit dan terarah, pastinya dalam menjalankan usaha akan jauh lebih semangat dan lebih giat. Terlebih lagi tujuan dari kegiatan usahanya tersebut sudah tertulis dan memiliki arahan arahan yang jelas tentang bagaimana mencapai tujuannya.

Wirausaha pemula yang membuat business plan akan membuat produk yang lebih baik. Sebuah produk yang khas atau unik dan mendasar yang membedakan produknya dengan produk yang lain. Selain itu, setelah memiliki sebuah business plan  wirausaha pemula dapat mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha sesuai dengan arahan dan tujuan usahanya. Sebuah produk yang dibuat dengan arahan analisis pangsa pasar yang sudah jelas pastinya akan jauh lebih laku bila dibandingkan dengan produk yang dibuat dengan analisis pasar yang kurang. Hasilnya dengan produk yang baik dan sesuai permintaan pasar, maka tujuan yang ingin dicapai dari usaha/perusahaan tersebut akan lebih mudah tercapai.

Strategi merupakan suatu cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan usaha dengan melibatkan semua sumberdaya atau faktor produksi yang dimiliki. Sebagai wirausaha pemula, strategi bisnis mungkin merupakan hal yang awam atau belum pernah terpikirkan sebelumnya. Akan tetapi strategi bisnis diperlukan untuk dapat memenangkan persaingan didalam pasar. Sebaiknya sebagai pelaku dari kegiatan usaha khususnya untuk wirausaha pemula tentunya perlu untuk mengetahui tentang strategi bisnis. Dan strategi bisnis tersebut ada baiknya dimasukkan kedalam business plan. Ketika strategi bisnis sudah ter-arahkan dengan baik, maka produk dari usahanya tersebut dapat lebih mudah untuk terus tumbuh dan menjadi besar.

Masih banyak hal lain yang akan dibahas dalam business plan. Dan pastinya semua yang masuk dalam business plan akan sangat membantu wirausaha pemula dalam membangun bisnisnya sehingga usahanya dapat terus berkembang. Oleh karena itu, buatlah segera business plan anda dan dengan business plan tersebut anda dapat nikmati berbagai kemudahan-kemudahan dalam mengembangkan usaha anda. Semoga bermanfaat. Salam sukses untuk kita semuanya. Amin.

Wahyu Tri Atmojo