11169967_10206330416360497_1971573348419023841_nYogyakarta; 12 Oktober 2015. Setiap senin PLUT KUMKM DIY rutin menyelenggarakan bedah buku atau book review. Agenda ini bagian dari maksimalisasi keberadaan pustakapreneur yang ada di PLUT. Dimana, koleksi-koleksi buku yang ada dipustakapreneur berisi seputar bisnis, umkm dan koperasi yang sangat penting untuk di baca.

Pada kesempatan ini, book review disampaikan oleh Yuli Afriyandi (Koordinator Konsultan PLUT DIY) yang membahas buku yang berjudul “Menuju Ekonomi Berkeadilan; Pergolakan Pengaruh Neoliberal Vs Ekonomi Kerakyatan”. Buku ini merupakan karangan dia sendiri yang ditulis pada awal tahun 2015, berisi artikel-artikel yang menyoroti problem ekonomi kebangsaan khususnya pada periode kepemimpinan SBY.

Buku ini berhasil memotret suatu realitas di balik angka pertumbuhan ekonomi yang selalu diagung-agungkan. Dimana kesenjangan ekonomi yang dibuktikan dengan meningkatnya rasio gini Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Di buku ini juga di potret indikasi kebijakan ekonomi yang tidak berpihak kepada masyarakat khususnya kepada pelaku usaha mikro kecil dan kecendrungan besar hanya berpihak kepada pelaku usaha besar. Salah satu contoh ketidakberpihakan kebijakan ekonomi kepada pelaku usaha mikro dan kecil yang disoroti dengan tajam adalah tentang PP no 46 tahun 2013 tentang penerapan PPh bagi UMKM.

Banyak lagi fakta-fakta yang coba dibeberkan di dalam buku ini. Buku ini menyimpulkan bahwa adanya penyelewengan amanah Pancasila terutama sila kelima yakni menciptakan keadilan sosial yang disebut juga keadilan ekonomi bagi seluruh rakyat, serta amanah UUD 1945 yang mewajibkan kemakmuran bagi rakyat yang lalai diwujudkan.

Inilah sekilas gambaran isi buku yang sangat menarik untuk Anda baca.