BMG untuk Kopma dan Kopuntren se-DIY

Yogyakarta, (9 April 2015) Hari ini PLUT KUMKM DIY mengadakan pelatihan yang bertajuk “Bimbingan Teknis Aplikasi Business Model Canvas (BMC) Bagi Koperasi Mahasiswa dan Koperasi Pondok Pesantren se DIY”.

Acara yang diselenggarakan di gedung PLUT KUMKM DI Yogyakarta jln HOS Cokroaminoto 162 diikuti oleh Koperasi Mahasiswa dan Koperasi Pondok Pesantren yang terdiri dari Kopma UNY, Koperasi Kopma UGM, Kopma UIN Sunan Kalijaga, Kopma UPY, Kopma UPN, Kopma UII, Kopma FITB UTY, Kopma IST Akprind, Kopma AMA, Kopma Instiper, Kopma FE UII, Kopma IKIP PGRI Wates, serta koperasi pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta.

Menurut panitia pelaksana kegiatan ini yang diketuai oleh Bapak Wira Sutirta, Kegiatan pelatihan kali ini adalah untuk memperkenalkan BMC kepada koperasi mahasiswa di wilayah DIY. Dengan mengetahui bagaimana meneropong sebuah bisnis melalui alat bantu Model Bisnis Kanvas ini diharapkan koperasi mahasiswa yang ada di wilayah DIY dapat memetakan usaha yang sedang maupun akan dikembangkan di setiap koperasi mahasiswa tersebut sehingga dapat berkembang dengan baik.

Dalam kegiatan kali ini juga dihadiri oleh beberapa lembaga dan komunitas penggiat koperasi. Diantaranya hadir dari Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY), Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI), serta Pengurus Koperasi Pemuda Indonesia Wilayah Yogyakarta.

Bagi lembaga dan komunitas penggiat koperasi, kegiatan ini merupakan sebuah langkah yang positif bagi perkembangan Koperasi Mahasiswa di wilayah Yogyakarta. Harapan dari peserta adalah kedepan akan ada kelanjutan kegiatan yang lainnya untuk menunjang kemajuan usaha dari masing-masing koperasi mahasiswa.BMG Kopma - 3