Bermula dari sekedar hobi bercocok tanam, tanaman hiaspun bisa digunakan sebagai ladang untuk berbisnis. Dengan menyiapakan berbagai macam variasi tanaman dan juga lokasi bisnis. Maka bisnis tanaman hias ini sudah bisa berjalan. Tentunya lokasi tempat usaha juga sangat menentukan keberhasilan bisnis tanaman hias ini atau tidak. Sebaiknya memilih lokasi yang strategis yaitu yang berada di pinggir jalan raya, sehingga secara tidak langsung bila ada orang yang melewati lokasi tersebut akan tertarik untuk mampir di tempat itu. Berbisnis tanaman hias ini sangat menguntungkan, misalnya saja untuk jenis tanaman bonsai, meskipun penampakannya terlihat kecil dan mini namun harganya bisa sangat mahal.

Bisnis tanaman hias ini gampang-gampang susah. Selain membutuhkan modal usaha yang besar, pencarian bahan atau bibit tanamannya sendiri juga tidak mudah. Sehingga hal ini akan menyulitkan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Akan tetapi perawatan tanaman hias ini cukup mudah, hanya perlu melakukan penyiraman setiap hari maka tanaman ini akan tumbuh subur.

Oleh karena itu bila ada yang gemar bercocok tanam, tidak ada salahnya mulai dengan berbisnis tanaman hias. Selain memiliki keuntungan yang besar, manfaat lain dari berbisnis tanaman hias ini secara tidak langsung juga mengajak masyarakat untuk melakukan penghijauan lingkungan.