Bulan Puasa sebentar lagi tiba, berbagai kebutuhan untuk menyambut bulan ini dapat dimanfaatkan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bila kita amati secara umum bisnis makanan menjadi bisnis yang paling mendominasi di bulan ini. Bisnis ini berkaitan dengan dilaksanakannya ibadah puasa bagi umat Muslim selama sebulan penuh membuat adanya kebutuhan masyarakat untuk sahur ataupun berbuka puasa.
Banyak variasi makanan yang dapat dibuat untuk memenuhi kebutuhan itu, misalnya : menu – menu yang praktis untuk berbuka (takjil) seperti aneka makanan kecil atau kue – kue yang tidak terlalu mengenyangkan atau aneka es segar, seperti es buah, es cendol yang siap diminum dapat dijadikan pilihan untuk berbuka. Selain itu menu utama dan aneka lauk dapat juga sebagi alternatif lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam usaha ini adalah konsumen yang dituju,misalnya bila sasaran penjualannya adalah ibu – ibu di daerah pemukiman maka perlu disiapkan porsi untuk sekeluarga, sedangkan untuk area perkantoran dapat dibuat porsi yang lebih kecil. Jangan lupa menjelang hari Raya Idul Fitri maka kue – kue kering dan kue – kue basah seperti lapis legit dapat berpeluang menjadi usaha baru. Usaha kue – kue dengan variasi baru dapat dicoba agar konsumen tidak jenuh tapi sebaiknya ada waktu untuk konsumen mencoba varian baru tersebut agar tidak kecewa.
Selain usaha di bidang makanan ada pula usaha lainnya yang berpeluang besar di bulan Puasa, usaha itu adalah usaha di bidang fashion. Usaha ini dikaitkan dengan budaya atau kebiasaan masyarakat untuk berpakaian baru di Hari Raya. Walaupun tidak seluruhnya berpakaian baru tetap saja fashion menjadi kebutuhan yang cukup penting di bulan menjelang hari Raya. Bisnis Fashion ini tentu saja harus memperhatikan tren pasar, lebih baik lagi bila produk tersebut memiliki ciri khas dan berkualitas. Dengan ciri khas dan kualitas yang baik tersebut maka produk busana tersebut dapat memiliki nilai lebih dibandingkan dengan yang lain. Sebaiknya produk busana tersebut juga dipromosikan agar konsumen dapat mengenal produk kita, baik itu model, warna maupun bahan yang digunakan.
Tentu saja selain kedua bisnis tersebut ada juga bisnis lain yang berpeluang di bulan Puasa seperti : bisnis parcel, bisnis dekorasi rumah dan lain – lain. Jadi tunggu apa lagi segera manfaatkan kesempatan untuk berbisnis.