Sering kita dengar saat ini banyak wanita berkarier di luar rumah yang sudah tidak sempat lagi menyiapkan makanan untuk disajikan ke keluarganya, tentu saja ha itu membuka peluang bagi bisnis makanan yang dikemas atau makanan kemasan yang siap untuk disajikan. Makanan kemasan ini memiliki keunggulan antara lain selain mudah penyajiannya juga dapat disimpan untuk disajikan pada saat dibutuhkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisnis ini adalah menentukan dahulu jenis makanan yang akan dikemas. Jenis makanan ini tentu saja berpengaruh terhadap jenis kemasan yang akan digunakan. Jangan lupa untuk mengetahui sifat – sifat makanan yang dikemas, contohnya untuk jenis makanan yang bersifat asam sebaiknya menggunakan jenis kemasan yang tahan terhadap sifat korosif asam seperti : botol kaca atau jenis plastik tertentu yang tahan terhadap asam. Penentuan jenis makanan juga dipengaruhi oleh selera konsumen, bisa mengikuti trend atau sesuai dengan kemampuan memproduksi makanan tertentu sehingga dapat menjadi ciri khas. Misalnya produksi sambal terasi dengan resep tertentu dan makanan olahan ikan seperti bakso yang tidak pernah kehilangan popularitasnya .Jenis makanan yang dikemas dapat berupa makanan yang langsung siap disajikan atau masih memerlukan tahapan tertentu. Sebagai contoh untuk makanan yang masih memerlukan tahapan tertentu adalah nugget, jenis makanan ini masih memerlukan tahapan penggorengan untuk bisa dikonsumsi oleh konsumen.
Kecenderungan zaman yang serba praktis membuat makanan kemasan mendapat tempat tersendiri bagi konsumennya. Memproduksi makanan kemasan ini memang banyak faktor yang harus diperhatikan,namun bisnis ini cenderung masuk ke dalam bisnis yang bermodal sedikit. Maksudnya dengan modal yang terbatas kita dapat membuat bisnis ini kuncinya adalah meyakinkan konsumen bahwa makanan yang dikemas tersebut enak atau sesuai dengan selera mereka. Yang tak kalah pentingnya adalah kita harus menjaga kebersihan dan kondisi makan yang dikemas. Bila terdapat perubahan warna, rasa atau penampakan yang lain sebaiknya makanan dimusnahkan karena tentu saja hal tersebut berbahaya bila dikonsumsi karena dapat mengganggu kesehatan. Jadi mari berbisnis makan kemasan…..