04514422012010_bisnis3

Judul : Berbisnis dengan Otak Kanan: Bukan Sekedar Memulai Usaha
Penulis : Suryono Ekotama
Penerbit : Media Pressindo
Tebal :180 hlm
Cetakan : I/ 2008 (Yogyakarta)
Status : Koleksi Perpustakaan PLUT KUMKM DIY

Banyak orang yang ingin mempunyai usaha namun tidak sedikit di antara mereka yang bingung dari mana harus memulai usaha tersebut. secara ide sudah ada, namun bagaimana harus memulainya. Itu lah hal yang biasanya umum dialami oleh beberapa orang.
Pada dasarnya, bisnis tidak melulu dalam tataran ide atau logika. Ide yang besar namun tidak disertai dengan upaya atau usaha maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Banyak sosok sukses yang berawal dari ide sederhana namun bisa sukses. Semua itu tidak lain karena kegigihan dan keteguhannya dalam melakukan usaha tersebut. Dari sini dapat dilihat jika hanya bermodal ide sederhana dan kegigihan, mereka dapat sukses, apalagi bagi mereka yang punya ide kreatif dan disertai dengan kegigihan.
Semua orang terlahir dengan potensi yang sama. Mereka dibekali dengan otak oleh Tuhan YME. Otak adalah karunia terbesar yang diberikan kepada umat manusia yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Jika dilihat lebih jauh, susunan otak manusia terbagi atas 2 (dua) bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kiri lebih cenderung pada proses berpikir sementara otak kanan diidentikkan dengan proses kreatif dan tidak banyak berpikir.
Dalam konteks bisnis, banyak orang yang bingung bagaimana memulai bisnis. Ini tidak lain, salah satunya, dikarenakan dominasi otak kiri sehingga banyak yang berhenti pada tataran pemikiran saja.
Buku yang ditulis oleh Suryono Ekotama ini mengajarkan kepada kita semua untuk menjadi seorang pengusaha cerdas dengan memaksimalkan potensi otak kanan. Dalam buku tersebut ia mengatakan “Bisnis adalah kreativitas. Kreativitas adalah buah dari pikiran dan perasaan. Pikiran dan perasaan adalah buah dari rangsangan pancaindra. Manusia tanpa pancaindra bukanlah manusia, tetapi mayat hidup, karena tidak memiliki pikiran dan perasaan” (hlm.37).
Ekotama juga memberikan tips agar sebuah usaha atau bisnis dimulai dari apa yang kita sukai. Mengapa? Karena sesuatu yang kita sukai itu menyedot perhatian kita. Pada saat perhatian kita tersedot ke arah sesuatu yang menarik perhatian iu, kita memusatkan seluruh panca indra ke arahnya. Fokus inilah yang menjamin keberhasilan bisnis lebih tinggi daripada kita berbisnis sesuatu yang tidak kita sukai (hlm. 38).
Secara keseluruhan, buku ini terdiri dari 8 (delapan) bagian. Buku ini dimulai dengan bagaimana mengoptimalkan kinerja otak untuk berbisnis. Bagian kedua membahas tentang jiwa dan semangat kewirausahaan. Bagaian ketiga tentang alur inspirasi dari hati bikin bisnis berseri-seri. Bagian keempat berisi bagaimana mengelola pancaindra dan intuisi. Bagian kelima bagaimana mengelola pikiran dan perasaan. Bagian keenam bagaimana menyiapkan pilar usaha. Bagian ketujuh bagaimana membuat aksi dan reaksi. Dan terakhir, berisi tentang alur lengkap melahirkan bisnis dari hati.
Buku yang terdiri dari 180 halaman ini cocok dibaca bagi para calon dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memaksimalkan usaha atau bisnisnya. Berbisnis dengan otak kanan adalah bisnis dengan hati dan sesuai dengan ketertarikan kita, sehingga kita tidak perlu banyak mikir. Ya, Bisnis jangan banyak mikir!.[]