Foto Bersama PLUT ASPIKA dan APINDOManajemen Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan suatu cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya manusia atau tenaga kerja secara maksimal supaya tercapai tujuan bersama antara perusahaan, karyawan dan masyarakat. Manajemen SDM didasari pada pengertian bahwa setiap karyawan atau tenaga kerja adalah manusia, bukan mesin, dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.

Manajemen SDM juga menyangkut dari bagaimana sistem dalam suatu perusahaan dalam menggambarkan perencanaan dalam perekrutan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, serta kompensasi dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua aspek dalam mengambil keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung tentang sumber daya manusianya.

Bagaimana cara sebuah KUMKM dalam mengelola SDM yang tepat? Pertanyaan ini merupakan sebuah permasalahan yang dihadapi oleh KUMKM di Yogyakarta, khususnya ASPIKA. ASPIKA merupakan Asosiasi Pengusaha Minuman dan Makanan Kabupaten Sleman. Asosiasi yang sudah berdiri cukup lama ini dalam perkembangannya mengalami berbagai persoalan terkait bagaimana mengelola tenaga kerjanya.

PLUT KUMKM DIY merupakan sebuah lembaga yang dibentuk untuk membantu pendampingan KUMKM dalam menangani berbagai persoalan usaha, khususnya dalam pengelolaan SDM. Oleh karena itu, PLUT KUMKM DIY bersama dengan ASPIKA mengadakan kegiatan bersama yang berupa kegiatan Bimtek Manajemen SDM.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 30 September 2014 bertempat di Gedung PLUT KUMKM DIY. Materi kegiatan ini adalah kewirausahaan dan manajemen SDM.

Penyampaian Materi oleh APINDO

Pemateri disampaikan oleh Ibu Hermelien Yusuf, SH dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) yang membawakan materi bagaimana mengelola SDM dengan baik dan benar. Mengelola SDM dalam kegiatan usaha sangatlah penting. Dimana SDM sangat dibutuhkan untuk sebuah kemajuan suatu usaha tersebut. Keberhasilan dan kinerja seseorang dalam suatu bidang pekerjaan banyak ditentukan oleh tingkat kompetensi, profesionalisme dan juga komitmennya terhadap bidang pekerjaan yang ditekuninya.

Sebuah usaha yang didirikan dan memiliki banyak tenaga kerja dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada. Kualitas sumber daya manusia banyak ditentukan oleh sejauh mana sistem yang ada di perusahaan mampu menunjang dan memuaskan keinginan baik dari pegawai maupun dari perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dituntut memiliki komitmen untuk dapat mengelola SDM dengan baik supaya kegiatan operasional suatu usaha dapat berjalan lancar dan semakin berkembang.Panitia Acara