Cacing, siapa sih yg tidak mengenal cacing? Mungkin sebagian kita ketika mendengar kata cacing langsung menggelitik merasa geli.

Tapi tahukah anda, dibalik tubuh cacing yang menggelikan itu ternyata mempunyai potensi bisnis yang cukup menggiurkan. Jenis cacing dalam hal ini adalah cacing tanah atau nama ilmiahnya Lumbricus Rubellus. Cacing tanah ini memiliki banyak manfaat antara lain penghasil pupuk organik, pendaur ulang limbah, bahan baku pakan ternak dan ikan, umpan cacing, pakan burung, bahan baku obat dan kosmetik, bahan baku makanan dan minuman.

“Sebab dengan lahan yang tidak terlalu luas dan modal yang tidak banyak namun keuntungan budidaya cacing tanah ini sangat besar, bahkan keuntungan bersih ketika panen bisa mencapai 50% lebih”, ungkap  Novita Budi Kurniatri, Konsultan PLUT KUMKM DIY dalam Diskusi Bedah Buku “Usaha Ternak Cacing Tanah” pada Jumat 7 November 2014.

Diskusi dan bedah buku yang rutin diselenggarakan setiap minggunya bertempat di Ruang Rapat Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM DIY. Adapun pemateri berasal dari internal Konsultan bahkan juga melibatkan Pustakawan, admin dan Front Office PLUT DIY. Program ini merupakan inisiasi dari Pustakawan PLUT DIY agar koleksi buku-buku terutama buku yang berkaitan dengan kewirausahaan dapat menambah wawasan konsultan dan tim PLUT DIY.

Seperti pada kesempatan diskusi dan bedah buku kali ini, Novita Budi Kurniatri selaku Konsultan PLUT DIY dengan gamblang menjelaskan isi buku prospek bisnis budidaya cacing. Lebih lanjut Novi mengatakan bahwa hal  yang perlu dipersiapkan untuk budidaya cacing ini cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan lahan kosong yang tidak terlalu luas namun harus lembab. Kemudian kita perlu menyediakan media, bibit cacing, dan bahan pangan.

Diskusi berlangsung hangat dan mengalir. Rosa, Konsultan PLUT DIY ikut menambahkan bahwa di daerah Argo Rejo, Sedayu, Bantul juga terdapat usaha yang berkaitan dengan cacing. Bedanya, disana lebih focus memproduksi Kascing (Bekas Cacing). Kascing menjadi media tanaman (pupuk).

Diskusi di tutup oleh Pustakawan PLUT DIY Mas Mursyid dengan beberapa simpulan.

Berikut analisa usaha ternak cacing;

????

????????????