Pernahkah Anda mengambil sebuah keputusan penting dalam manajemen sehingga mengacaukan keuangan usaha Anda?. Kalau Anda pernah mengalami hal demikian, saya kira Anda tidak usaha risau, karena Anda adalah salah satu bagian dari banyak orang yang senasib dengan Anda.

Ya, salah langkah dalam mengambil keputusan , bisa berakibat fatal bagi keuangan bisnis Anda. Untuk itu saya akan sedikit menggambarkan beberapa kesalahan fatal yang banyak terjadi ;

Pertama; under estimasi kebutuhan usaha. Maksudnya adalah sebuah langka
h yang mengestimasi dan mengasumsi sehingga mengetatkan pengeluaran. Pada bagian ini, Anda ingin ‘ngirit’ pengeluaran namun dengan keputusan ini mengacaukan dan mengganggu dari tujuan utama Anda. Misalnya, menyederhanakan kemasan produk yang sebetulnya mengurangi minat konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Namun Anda juga harus menghindari over estimasi anggaran. Artinya Anda tidak boleh terlalu longgar dalam menentukan angka pada anggaran Anda.

Kedua; memulai dari angka besar. Biasanya hal ini sering terjadi pada startup bisnis. Karena ingin bermimpi memiliki usaha besar, lalu Ia menyewa kantor dengan harga fantastis, lalu membeli stok persediaan barang yang jumlahnya besar, dan merekrut karyawan dengan tingkat pendidikan tinggi. Padahal usaha baru berjalan, dan pemborosan semacam ini tentu pada akhirnya akan menguras modal tanpa memberi hasil yang seimbang.

Ketiga; proses produksi yang bertele-tele. Banyak dari kalangan pengusaha yang tidak sadar bahwa sistem produksi yang Ia miliki melalui tahapan yang sangat panjang. Padahal sebetulnya ada bagian-bagian yang bisa di efektif dan efisienkan.

Keempat; lupa menentukan titik akhir. Jika bisnis ibarat kapal, maka Anda perlu ‘sekoci’. Jadi, sebagai pelaku usaha, anda harus memiliki plan B ketika semuanya sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Dan tujuan dari semua ini adalah agar anda bisa menyelamatkan keuangan usaha yang tersisa.

Inilah empat hal yang banyak terjadi dalam mengelola keuangan usaha Anda. Mengetahui dan memahami ini maka Anda kemungkinan akan selamat dari kesalahan yang sama dan tentunya Anda akan dapat mengambil keputusan tepat dalam manajemen keuangan usaha Anda.