Bagaimana Membuat Anggaran Keuangan yang Baik?

(Seri: Melek Keuangan #5)

Dalam pembahasan perencanaan keuangan yang saya tulis beberapa minggu yang lalu, saya sudah menuliskan kenapa kita harus membuat perencanaan keuangan. Namun sayangnya, mungkin sebagian dari kita sulit untuk mewujudkannya. Padahal, dengan memiliki kondisi keangan yang baik sebenarnya mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Intinya terletak pada kemauan dan kedisiplinan.

Merencanakan keuangan pada dasarnya tergantung pada kebijakan kita dalam mengalokasikan anggaran yang ada. Dan sekali lagi, kuncinya adalah Anda taat pada ‘aturan main’ yang Anda telah buat.

So, pertanyaannya kemudian, bagaimana membuat angagran keuangan yang baik?

Saya mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa tips-tips sederhana seperti berikut;

Satu; pertama kali Anda menerima gaji, jangan tunda-tunda untuk membayarkan semua kewajiban yang Anda miliki. Misalnya cicilan kredit kendaraan pribadi, cicilan kredit panci (hehehe,..) dll.

Kedua; Anda tentu harus mempunyai sebuah rekening tabungan. Terserah saja, mau di perbankan, atau lembaga keuangan mikro seperti di Koperasi. Yang penting Anda ingat adalah rekening itu untuk menyimpan / tabungan minimal 5-10% dari gaji bersih Anda.

Ketiga, pada saat Anda ingin berbelanja kebutuhan rutin, pastikan semua tercatat sesuai dengan kebutuhan yang hendak Anda beli. Jangan membeli yang tidak anda butuhkan. Bedakanlah kebutuhan dan keinginan.

Keempat; hindari pengeluaran yang sebetulnya bisa Anda tahan. Misalnya jika Anda ingin membeli buku best seller; sebetulnya Anda bisa pinjam di perpustakaan. Dan banyak hal sebetulnya bisa kita lakukan tanpa harus mengeluarkan uang lebih.

Kelima; upayakan untuk mengeluarkan uang lebih sedikit dari apa yang telah Anda rencanakan. Misalnya; jika pada bulan ini Anda ingin membeli sepatu baru dengan budget Rp. 300.000,- maka Anda bisa menyiasati dengan membeli sepatu yang lebih murah dari budget yang telah Anda tentukan. Misalnya dengan mengganti merk lain mungkin.

Ya,..ini sedikit tips dari saya..

Ternyata membuat anggaran keuangan itu mudah bukan?

Mulai dari sekarang rencanakanlah keuangan Anda dengan membuat anggaran yang tepat untuk masa depan yang lebih baik.