IMG_20160602_132356Semangat pagi mitra PLUT KUMKM DIY dan para pembaca yang berbahagia. Hari ini saya akan berbagi tentang sebuah buku yang saya baca berjudul The Science Of Luck karya Bong Candra. Saya sangat tertarik dengan tulisan beliau sehingga saya ingin ikut berbagi apa yang sudah dituliskan di buku tersebut. Khusunya pada bab yang pertama, “Bad Day, Good Day”

“Anda adalah sutradara di pagi hari dan pemeran pembantu di malam hari“. Dalam buku tersebut dituliskan bahwa Bong Candra percaya keberuntungan selalu dimulai dari lagkah kecil, yaitu sebuah tindakan.

Ada saat dimana kita begitu sial, segala yang sudah kita rencanakan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Jalanan yang sangat macet, dan banyak orang menyebalkan menemui Anda pada hari itu. Lalu bagaimanakah untuk mengatasi hal tersebut? Berikut ini ada beberapa contoh tindakan yang bisa dicoba untuk diaplikasikan tentang bagaimana caranya mengubah roda nasib kita dengan cara yang ilmiah dan masuk akal.

  1. Keluar dari POLA

Dengan mengikuti aliran POLA buruk kita akan semakin sulit untuk keluar dari POLA tersebut. Hal yang harus dilakukan adalah keluar dari POLA tersebut dengan merusaknya seperti yang dilakukan pada contoh di atas. Misalnya saja seseorang yang sedang marah, akan menjadi tenang hatinya jika ia mandi dengan air dingin. Atau pada saat sebuah tim basket yang melakukan pertandingan dan sedang mengalami kekalahan beruntun dengan tercurinya poin oleh tim lawan, bisa melakukan time out. Hal itu dilakukan sang pelatih untuk merusak POLA kekalahan yang ada agar pemain kembali ke POLA baru tidak mengalir mengikuti POLA kekalahan tersebut.

  1. Lakukan hal ekstrem (positif) yang tidak berhubungan

POLA memang dapat diubah dengan merusaknya tetapi tidak hanya sekedar merusaknya saja. Kita perlu melakukan hal yang lebih ekstrem untuk benar-benar merusaknya. Misalnya saja pita kaset yang tadi digores jika hanya menggunakan tangan, maka belum tentu pita kaset tersebut rusak dan langsung tidak mengeluarkan bunyi lagu jika diputar.

Contoh lain adalah ketika Anda tengah asyik berbincang dengan teman Anda mengenai sebuah topik. Tiba-tiba suara petir menyambar dengan keras sehingga menghentikan perbincangan Anda sejenak. Yakinlah setelah itu, perbincangan Anda akan benar-benar berhenti pada saat itu juga. Anda bahkan mendadak lupa topik apa yang Anda dan teman Anda perbincangkan tadi. Dengan kata lain, suara petir tersebut telah merusak POLA perbincangan Anda sehingga Anda dan teman Anda melanjutkan perbincangan dengan topik lain. Suara petir tadi merupakan contoh hal Ekstrem yang dimaksud.

  1. Lakukan dengan cepat

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam merusak pola adalah kecepatan. Kecepatan akan membuat kesempatan kita untuk berpikir semakin kecil. Apabila Anda sedang terjebak dalam pola mood yang buruk, rusaklah pola Anda dengan lari pagi dan lakukanlah dengan cepat. Sesuatu yang dilakukan dengan cepat akan membuat otak kita sulit berkonsentrasi pada pola lama, inilah kesempatan terbaik untuk memasukkan pola baru yang lebih positif.

  1. Ganti suasana

Suasana memegang andil penting dalam membentuk sebuah pola. Misalnya kota Jakarta yang terkenal dengan suasana macet, banjir dan polusi mengakibatkan warganya terbiasa akan hal itu. Dan seringkali mereka merasa jenuh dan penat hingga membuat mereka tidak mampu mengeluarkan ide-ide kreatif. Namun mereka akan berjalan-jalan keluar kota Jakarta pada saat akhir pekan untuk mencari suasana baru yang dinilai cukup efektif untuk memunculkan kembali ide-ide kreatif mereka.

  1. Ubah gerakan Anda

Hal terakhir yang dapat mengubah Pola Anda adalah gerakan. Sebuah contoh sederhana adalah gerakan Anda pada saat tidur dan setelah bangun tidur. Biasanya setelah bangun tidur kita akan merasa malas-malasan untuk bangkit dari ranjang dan memilih untuk kembali melanjutkan tidur. Namun apa yang terjadi semakin lama berbaring di ranjang bukannya semakin segar, kita justru merasa semakin malas dan tidak bertenaga. Apa yang dirasakan bila sebaliknya kita langsung bangkit dari ranjang dan berdiri. Rasa malas seketika akan hilang dan kita seperti mendapatkan asupan semangat secara mendadak. Percaya atau tidak Anda bisa mencobanya.

Otak kita akan merespons informasi melalui gerakan tubuh kita. Jadi jika kita ingin mengubah POLA lama kita, ubahlah dengan gerakan. Ingat keberuntungan akan berpihak kepada orang yang rajin, kerajinan dibentuk dari mood, dan mood dibentuk oleh gerakan.

Demikianlah sedikit cuplikan dari Buku The Science Of Luck karya Bong Candra. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut, buku ini ada di Perpustakaan PLUT KUMKM DIY. Anda dapat meminjam gratis.

Pasti bermanfaat, salam sukses!