Pusat Layanan Usaha Terpadu atau yang lebih dikenal dengan PLUT yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tempatnya para pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) berkonsultasi agar permasalahan yang dihadapi bisa terpecahkan. Bahkan bila ada pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya, PLUT DIY merupakan tempat yang tepat dikunjungi. Selain memberikan layanan konsultasi, PLUT DIY juga memiliki enam layanan lain, yaitu pendampingan atau mentoring bisnis, fasilitasi akses pembiayaan, promosi dan pemasaran, networking, layanan pustaka entrepreneur, dan pelatihan bisnis.

Adapun yang akan dijelaskan dalam artikel ini dikhususkan pada layanan pelatihan bisnis. Ada berbagai macam pelatihan bisnis yang dijalankan oleh PLUT DIY, salah satunya yaitu kelas bisnis selasa pagi atau lebih dikenal (KBSP). Sudah jelas namanya kelas bisnis selasa pagi, tentunya pelatihan ini selalu dilaksanakan pada hari selasa pagi. Biasanya pelatihan ini akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Tentunya dengan menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman. Adapun materi yang disampaikan di setiap sesinya selalu berbeda-beda. Ada materi mengenai implementasi hak kekayaan intelektual, pada materi ini akan dijelaskan apasaja macam-macam HKI serta bagaimana prosedur untuk memperoleh HKI ini. Kemudian ada materi tentang perencanaan bisnis dengan metode bisnis model kanvas, pembukuan keuangan sederhana, cara pembuatan blog sederhana, pengemasan produk, pemasaran produk dan strategi sukses internet marketing. Peserta yang berhak mengikuti kelas ini yaitu seluruh pelaku KUMKM yang berdomisili di DIY. KBSP ini sifatnya gratis artinya peserta tidak dikenai biaya bila ingin mengikuti pelatihan ini.

Adapun cara pendaftarannya cukup mudah. Pertama-tama, calon peserta melihat jadwal yang sudah dishare oleh tim PLUT baik melalui website plutjogja.com, facebook, whatsApp, bbm dan media sosial lainnya. Setelah peserta melihat jadwalnya, langkah berikutnya adalah mendaftarkan diri dengan cara mengirim pesan singkat ke nomer yang sudah tertera di media iklan tersebut. Nantinya pihak PLUT akan memberikan informasi kepada calon peserta apakah calon peserta tersebut bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini atau tidak. Oleh karena itu, manfaatkan program KBSP ini dengan sebaik-baiknya.