inkubator bisnis PLUT KUMKM DIY

Beberapa waktu ini santer terdengar berbagai program tentang inkubator bisnis. Banyak yang menyarankan supaya pelaku UMKM mengikuti program ini. Lalu sebenarnya apa sih inkubator bisnis itu? Dan kenapa pelaku UMKM harus ikut program itu?

Dalam inkubator bisnis ada beberapa istilah yang terlebih dahulu perlu kita pahami. Diantaranya adalah inkubator, inkubasi, tenant, dll. Menurut aturan dari Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 pengertian inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi.

Sedangkan pengertian dari inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Dari penjelasan diatas kita dapat memahami bahwa inkubator bisnis merupakan suatu lembaga yang memberikan program yang telah didesain sedemikian rupa untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis bagi pelaku UMKM. Dalam proses selanjutnya inkubator bisnis ini melalui beberapa rangkaian program baik itu dari pemerintah maupun swasta.

Dengan adanya dukungan kemitraan atau pembinaan dari lembaga atau elemen bisnis yang lain ini harapannya mampu menciptakan pelaku usaha yang memiliki usaha yang profitable, memiliki pengelolaan organisasi dan keuangan yang benar, serta menjadi usaha yang sustainable, hingga akhirnya memiliki dampak positif bagi masyarakat.
Program inkubasi yang dilakukan oleh lembaga inkubator bisnis ini pada umumnya adalah bagi pelaku usaha yang baru memulai kegiatan usahanya. Pelaku usaha ini atau usaha pemula ini pada umumnya adalah usaha baru ataupun telah berjalan kurang dari 2 tahun.

Pada dasarnya yang dilakukan oleh suatu lembaga yang mengelola program inkubator bisnis adalah suatu bagian dari progran kemitraan untuk mengembangkan bisnis bersama-sama. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjadikan usaha tersebut menjadi suatu bisnis yang nyata dan berkembang sesuai dengan visi dari usaha atau pelaku usaha tersebut.

Bila anda merupakan pelaku usaha ataupun baru berencana untuk memiliki usaha yang ingin tahu lebih lanjut mengenai program inkubator bisnis ini, silahkan saja datang langsung ke PLUT KUMKM DIY, Jl. HOS Cokroaminoto No.162 Yogyakarta. Telepon (0274) 552149