Selasa, 13 Agustus 2019, PLUT DIY memberikan fasilitasi pengurusan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Acara ini berlangsung di Aula PLUT Lantai 2, Dinas Koperasi UKM DIY.

Sejak pukul 08.00 Pagi, para peserta sudah mulai berdatangan. Sebelumnya, pendaftaran fasilitasi IUMK ini dilakukan secara online dan tercatat tidak kurang 300 nama pelaku usaha yang masuk dalam daftar peserta fasilitas pengurusan IUMK dan NIB pada hari ini.

IUMK ini penting bagi para pelaku usaha. Sesuai dengan ditetapkannya Peraturan Presiden No. 98 tahun 2014 tentang perizinan untuk usaha mikro kecil, IUMK memiliki arti penting untuk memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya.

Ada beberapa manfaat ketika pelaku usaha memiliki IUMKM ini, seperti:

  • Mendapatkan kepastian perlindungan hukum dalam usaha sesuai lokasi yang sudah ditetapkan
  • Mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dan pengembangan usaha, baik dari tingkat pusat, provinsi, maupun daerah
  • Mendapatkan kemudahan akses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan Bank maupun Non-Bank
  • Mendapatkan pengakuan yang sah dari berbagai pihak atas izin yang dimiliki dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum

IUMK ini sebenarnya dapat diurus secara mandiri secara onlie di alamat website: https://oss.go.id/oss/. Namun jika ada kendala, Anda bisa datang ke PLUT DIY.

PLUT DIY akan memberikan fasilitasi pengurusan IUMK & NIB selama hari kerja. Adapun syaratnya sebagai berikut:

  • Membawa fotokopi KTP 1 lembar
  • Memiliki email yang bisa diakses (ingat passwordnya)
  • Telah menjadi anggota PLUT. Jika belum, bisa mendaftar secara gratis dengan datang langsung ke ruang admin PLUT DIY, Dinas Koperasi UKM DIY, Jl. Hos Cokroaminoto 162 Kota Yogyakarta.

Setelah mendaftar online, para pelaku usaha bisa mencetak/ print IUMK & NIB sekaligus.