Antioksidan memiliki bermacam manfaat sehingga banyak orang yang rela menyantap segala hal yang mengandung bahan tersebut. Tapi tahukah anda kalau sumber terbesar antioksidan alami ada pada buah – buahan. Belum banyak yang mengetahui tentang fakta tersebut, hal tersebut dapat dinilai dari konsumsi buah yang masih rendah di Indonesia. Rata – rata masyarakat Indonesia hanya mengkonsumsi satu porsi buah setiap harinya padahal manfaat buah secara optimal dapat diperoleh bila buah dikonsumsi 3 porsi setiap harinya, bahkan ada yang menganjurkan untuk mengkonsumsi 10 porsi buah setiap harinya.
Efek antioksidan buah sangat besar. Antioksidan yang terkandung di dalam buah berasal dari vitamin dan mineral yang merupakan komponen terbesar dari buah. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai macam penyakit degenerative seperti : jantung, stroke, diabetes dan kanker. Manfaat lainnya adalah memperlancar proses pencernaan serta dapat memperingan gejala alergi tertentu. Menurut Dr.Samuel Oetoro,SPGK , Konsumsi buah dalam satu hari sebaiknya beraneka ragam perharinya. Karena tidak satupun buah memiliki kandungan yang sempurna. Semakin bervariasi, maka manfaatnya akan semakin optimal karena antara buah yang satu dan lainnya akan saling melengkapi.
Ada beragam pilihan untuk mengkonsumsi buah, mulai dari mengkonsumsi buah yang utuh sampai dalam bentuk jus. Perlu diperhatikan bila kita memilih untuk mengkonsumsi buah dalam bentuk jus dalam kemasan adalah jus tersebut harus segar dan kandungan gizinya tidak berkurang. Untuk itu perlu diamati kemasan dari jus tersebut. Karenanya disarankan untuk memilih jus dalam kemasan yang kedap udara dan cahaya. Dengan teknologi yang berkembang saat ini jus dapat juga dikemas dengan proses UHT (Ultra High Temperatur). Sterilisasi dalam bentuk ini hanya mengurangi sedikit nilai gizi, aroma dan cita rasa. Cara ini membuat buah semakin praktis untuk dikonsumsi , jadi tunggu apa lagi konsumsi buah mulai dari sekarang….
( Sumber : Healthy Food, Dr. Samuel Oetoro, SpGK )