AMc (Ampera Mardanis Clean) merupakan salah satu unit usaha di bawah dampingan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM, Disperindagkop DIY yang bergerak di bidang produksi detergent. Adalah Mardanis, SPd.I pendiri dari usaha ini.

            Danis, demikian nama akrabnya, adalah pria kelahiran Ngulak, Sumatera Selatan, tahun 1988. Ia tidak lain adalah security di Gedung PLUT KUMKM DIY. Pria lulusan sarjana pendidikan ini tidak merasa malu menjadi seorang security. Bahkan ia merasa tertantang melakukan pekerjaan tersebut. Meski berprofesi sebagai security, tidak menyurutkan semangatnya untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

Tepatnya di awal tahun 2014, ia memulai usaha di bidang pembuatan detergent. Dengan modal sebesar 3,5 juta rupiah, ia nekat memulai usaha tersebut dari awal. Berbekal ilmu dan pengalaman yang ia dapatkan dari berbagai sumber, serta menjalin kerjasama dengan Perusahaan MLN (Mega Lintas Nusa), ia berhasil membuat produk yang diberi nama AMc tersebut.

Bagi Danis, ini bukanlah yang pertama kalinya ia terjun dalam bidang wirausaha. Sebelum kuliah, tepatnya tahun 2007 ia merantau ke Yogyakarta dan menjadi loper Koran kurang lebih 1 tahun. Sembari menjadi loper Koran, ia juga sebagai kuli panggul di pasar bering harjo. Setelah masuk kuliah, ia juga pernah berjualan Pempek Palembang dan Bakso. Namun usahanya tersebut hanya bertahan separuh tahun karena tingginya sewa tempat usaha.

Tidak sampai di situ, karena belum mempunyai modal, ia memutuskan untuk mencari pekerjaan tambahan untuk mengumpulkan modal usaha. Ia pernah menjadi karyawan Café selama kurang lebih 3 tahun dan Guru mengaji al-Qur’an.

Berbekal pengalaman tersebut, menjadikan Danis untuk kembali bangkit menekuni bidang wirausaha. Ide mendirikan AMc ini pertama kali muncul dari ketidakpuasan Danis yang notabene tinggal di lingkungan kos-kosan terhadap kualitas detergent yang ia pakai sehari-hari. Ia beranggapan, harga mahal dari detergen yang ia pakai tidak sebanding dengan kualitasnya, baik dari segi keampuhan dalam membersihkan noda maupun dari sisi lingkungan. Dari sinilah ia berinisiatif untuk membuat detergent dengan harga terjangkau, kualitas unggul dan ramah lingkungan.

Produk detergent AMc ini menyediakan dua variant detergent, yaitu detergent busa untuk cuci manual dan detergent matic untuk mesin cuci dan bisa untuk manual. Danis menuturkan bahwa produknya ini aman untuk tangan (tidak panas/tidak menyebabkan alergi) dan ramah lingkungan. Mardanis juga menyediakan deterjen laundry.

Hingga kini, konsumen AMc terdiri dari Ibu-Ibu rumah tangga, karyawan kantor, pengusaha laundry, juga mahasiswa. Danis menuturkan, ia bersyukur para konsumen AMc belum pernah ada yang komplain dengan kualitas detergentnya tersebut. Bahkan, di antara mereka sudah ada yang berlangganan. Ini artinya, AMc telah diterima di masyarakat. Ia juga berharap, ke depannya, produk AMc ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya.

Setelah sukses membuat produk detergent, Danis telah mempersiapkan produk tambahan berupa sabun cair pencuci piring, pewangi pakaian dan pembersih kamar mandi/ toilet. “Produk tambahan ini hampir jadi, dan sebentar lagi siap dipasarkan”, tutur Danis.

Lebih lanjut, Danis juga menuturkan bahwa hasil dari penjualan produk AMc ini sebagian didonasikan sebagai dana sosial. Jadi, dengan membeli produk AMc, juga turut beramal membangun negeri ini. Tidak hanya itu, AMc juga memberikan peluang bagi masyarakat umum untuk berkontribusi menjadi agent penjualan produk AMc ini. Baik dari kalangan masyarakat umum, karyawan, dan mahasiswa yang ingin mendapatkan tambahan pemasukan/ pendapatan.

Untuk memaksimalkan pelayanan, AMc juga menerima layanan antara. Cukup dengan menghubungi pemiliknya di nomor HP 0857 4328 7493, maka produk AMc akan segera diantar (Provinsi DIY). Atau bisa juga langsung datang di kantor PLUT KUKM DIY yang merupakan tempat bekerja Danis sehari-harinya.

Danis dan produknya, adalah hasil dari sebuah kegigihan dan kesabaran dalam berwirausaha yang mutlak dimilik oleh seorang entrepeneur sejati. Semoga, apa yang dilakukan Danis menjadi inspirasi tersendiri bagi masyarakat umum untuk memulai kegiatan berwirausaha. Salam Sukses! (Mursyid).