Pusat Layanan Usaha Terpadu merupakan tempat dimana para pelaku usaha bisa berkonsultasi tentang permasalahan yang dihadapi atau bisa dikatakan sebagai rumah sakitnya para pelaku KUMKM. Tidak hanya itu, PLUT juga menyediakan beberapa konsultan ahli di bidang teknis maupun strategis yang bisa membantu para pelaku usaha untuk memecahkan permasalahannya. Biasanya permasalahan yang dialami oleh para pelaku usaha antara lain, pemasaran, sumber daya, produksi, dan keuangan. Selain itu PLUT juga memiliki beberapa layanan, antara lain:

  1. Konsultasi Bisnis

Salah satu layanan yang dimiliki oleh PLUT untuk KUMKM adalah konsultasi bisnis. Di sini para pelaku usaha yang sedang mengalami masalah bisa langsung berkonsultasi di sini. PLUT juga menyediakan 7 konsultan ahli di bidang teknis dan strategis.

  1. Pendampingan atau Mentoring Bisnis

Layanan pendampingan maupun mentoring bisnis ini ditujukan bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya. Sebab di sini PLUT akan menyediakan mentor bisnis yang sudah berpengelaman atau sudah ahli dalam dunia usaha yang kemudian akan mendampingi para pelaku usaha tersebut secara reguler

  1. Promosi dan Pemasaran

PLUT menyediakan layanan promosi berupa galeri produk KUMKM yang berada di kantor PLUT ini sendiri, dimana para pelaku usaha bisa menitipkan produknya di galeri PLUT tanpa dipungut biaya. Selain itu PLUT juga melakukan promosi melalui event pameran dan juga menjalin kemitraan dengan instansi atau lembaga promosi dan pemasaran produk maupun pengusaha ritel nasional.

  1. Fasilitasi Akses Pembiayaan

PLUT memfasilitasi kepada para pelaku usaha agar bisa menjalin kerjasama dengan lembaga perbankan dan non perbankan terutama dalam hal akses kredit. Selain itu, PLUT juga akan menginformasikan kepada para pelaku usaha bila ada program kementrian maupun lembaga dan pemerintah daerah terkait pembiayaan.

  1. Pelatihan Bisnis

Selain layanan konsultasi bisnis, PLUT juga menyediakan layanan pelatihan bisnis bagi para pelaku usaha. Pelatihan bisnis yang diselenggarakan PLUT tidak dipungut biaya. Untuk informasi terkait jadwal pelatihan bisa diupdate melalui website plutjogja.com maupaun facebook dan media sosial lainnya.

  1. Networking

PLUT menyediakan layanan networking dalam hal berbagi pengalaman dengan pengusaha yang sudah besar maupun menengah. Adapun tujuan dari layanan networking ini adalah agar pelaku usaha bisa mengembangkan usahanya.

  1. Layanan Pustaka Enterpreneur

PLUT menyediakan berbagai referensi berupa buku-buku bacaan yang bertemakan bisnis. Selain itu juga menyediakan sarana multi media berbasis e-Business.

Demikianlah ketujuh layanan PLUT yang ditujukan untuk pelaku usaha. Adapun manfaat dari ketujuh layanan ini adalah selain untuk membantu para pelaku usaha dalam mengatasi permasalahan juga membantu pelaku usaha untuk lebih mengembangkan usahanya. Oleh karena itu disinilah pentingnya PLUT bagi para pelaku usaha.