Persoalan ‘branding’ saya kira mungkin sudah tidak asing lagi. Kita mungkin sudah banyak mengenal istilah Brand atau merek yang pada hakikatnya adalah identitas dari sebuah produk. Namun, tidak banyak dari kita sadar bahwa branding memegang peran penting dalam sebuah bisnis. Brand atau merek akan menunjukkan nilai bisnis dari usaha atau perusahaan anda.

Untuk sukses dalam strategi branding, sebelumya Anda harus paham betul kebutuhan dan keinginan dari pelanggan serta prospek yang Anda tentukan. Untuk itu ada 5 strategi branding yang baik.

Pertama; Kelola dan Pantau Reputasi Online Anda

Ada beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk melindungi merek Anda dan juga ada beberapa alat yang dapat membantu memonitoring. Jadi, tak sulit untuk terus mengawasi perkembangan brand Anda dari ranah media sosial, karena dewasa ini media sosial sudah jadi alat branding yang sangat kuat, tapi juga dapat menjadi boomerang bila tak dikelola dengan baik. Ingat kasus Florence tempo hari yg menghina warga Jogja? Ups tentu saya tidak ingin membahas masalah ini. Mari kita lanjutkan,…….

Kedua; Meningkatkan Ekuitas Brand

Ekuitas  brand / merek tergantung  kepada bagaimana Anda membangun brand Anda. Nilai ekuitas juga cenderung berubah-ubah sesuai dengan apa yang telah Anda upayakan. Ekuitas tidak sekonyong-konyong ada, karena ada cara untuk meningkatkannya. Caranya dengan memilih nama atau logo identitas merek yang baik. Yang paling penting adalah komunikasi pemasaran yang efektif dan konsisten agar dapat mempertahankan ekuitas brand Anda.

Ketiga; Buatlah Transisi Halus

Membuat perubahan transisi dengan merek Anda bisa menjadi usaha yang sukses, namun dibutuhkan perencanaan yang matang, mendidik, penjelasan. Pelajari apa yang diperlukan untuk membuat proses lancar dan sukses.

Keempat; Kontinuitas

Kontinuitas dalam pemasaran sangat penting. Ini adalah strategi dan proses mengkoordinasikan semua elemen dari pesan pemasaran untuk mencapai yang konsisten, mudah diingat, keseluruhan tampilan dan nuansa untuk sebuah perusahaan, layanan, atau produk. Pelajari cara membuat kontinuitas dalam pesan pemasaran Anda.

Kelima; Berfokus pada Anda Sasaran

Kekuatan merek Anda bergantung pada kemampuan untuk fokus. Itulah sebabnya mendefinisikan target pasar Anda akan membantu untuk meningkatkan efektivitas merek Anda.

Semoga langkah-langkah di atas dapat bermanfaat untuk kelangsungan bisnis Anda.