Berbisnis ini ibarat roda yang terus berputar, kadang di atas namun terkadang dibawah. Namun tidak sedikit para pelaku bisnis ini bisa siap ketika ada di posisi bawah. Terkadang pelaku bisnis bisa stress bahkan frustasi ketika mengalami kegagalan dalam berbisnis. Kegagalan ini pastilah ada penyebabnya yang terkadang sering diabaikan oleh para pelaku bisnis. Adapun permasalahan sederhana yang sering muncul namun tidak jarang dihiraukan oleh para pelaku usaha, antara lain:

  1. Tidak Ada Inovasi dalam Bisnis

Inovasi bisnis ini sangat diperlukan dalam dunia usaha. Terkadang konsumen juga bisa mengalami kejenuhan dengan produk yang ditawarkan. Namun hal ini biasanya diabaikan oleh pemilik usaha. Oleh karena itu sebagai pelaku bisnis perlu melakukan inovasi. Adapaun inovasi bisnis ini bisa dimulai dari cara memasarkan atau dari segi produk yang bervariasi. Sehingga konsumen tidak merasa jenuh dan akan terus membeli produk kita.

  1. Pengeluaran Lebih Besar daripada Pendapatan

Besar pasak daripada tiang, istilah ini biasanya diartikan sebagai besar pengeluaran daripada pendapatan. Hal ini juga bisa terjadi dalam dunia usaha. Adapun penyebab permasalahan ini biasanya pelaku bisnis tidak melakukan pencatatan pembukuan keuangan. Dimana dalam pembukuan ini akan diketahui besar pemasukan dan besarnya pengeluaran. Namun bila hal ini tidak dilakukan, maka tidak jarang pelaku usaha bisa lupa dengan berapa uang yang sudah dikeluarkan dan berapa banyak uang yang diperoleh karena tidak adanya pencatatan. Sehingga bisa berdampak pada kerugian dalam berbisnis.

  1. Kurangnya Pengawasan dalam Berbisnis

Seorang pelaku bisnis yang memiliki karyawan, baik tetap maupun tidak tetap ini sangat perlu adanya pengawasan dalam usaha. Tidak jarang pemilik usaha juga harus melakukan pengecekan secara berkala terkait apakah produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar atau belum. Selain itu juga perlu dilihat bagaimana kinerja karyawan. Kemudian setelah melakukan pengawasan juga perlu adanya evaluasi yang bisa dilakukan setiap dua minggu sekali atau satu bulan sekali, agar ada perbaikan dalam bekerja.

  1. Minimnya Mitra Usaha

Mitra bagi para pelaku usaha ini sangat penting. Sebab tanpa adanya mitra usaha, maka pelaku usaha akan sulit untuk bisa mengembangkan usahanya. Namun ada juga pelaku usaha yang malas untuk mencari mitra. Terkadang bila pelaku usaha sudah bermitra dengan satu orang yang dirasa sangat cocok, maka dia tidak mencari mitra yang lain. Padalah mencari mitra untuk usaha ini harus banyak. Misalnya seorang pemilik bisnis keripik belut, pastilah akan mencari mitra dengan para peternak belut untuk memenuhi kebutuhan produksi. Selain itu dalam hal pemasaran juga perlu bermitra dengan toko oleh-oleh ataupun pasar swalayan.

Demikianlan sedikit permasalahan yang sering muncul pada pelaku usaha terutama usaha pemula yang terkadang diabaikan oleh pelaku usaha. Padahal permasalahan-permasalahan kecil yang sering muncul ini bila tidak segera diselesaikan bisa memicu pada permasalahan yang lebih besar dan tidak menutup kemungkinan usaha tersebut bisa gulung tikar.