Galeri Pusat Layanan Usaha Terpadu merupakan wadah bagi para pelaku usaha di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka untuk memasarkan produknya. Lokasi galeri ini berada di dalam Gedung PLUT KUMKM DIY yang beralamatkan di Jalan HOS Cokroaminoto No.162 Yogyakarta. Masih banyak orang yang belum mengetahui hal menarik apa yang sebenarnya ada di Galeri PLUT KUMKM DIY. Oleh karena itu artikel ini akan membahas tentang fakta-fakta menarik apa saja yang ada di balik Galeri PLUT KUMKM DIY.

  1. Memajang Produk Khas Daerah Istimewa Yogyakarta

Galeri PLUT KUMKM DIY difokuskan hanya untuk memajang produk-produk khas di Daerah Istimewa Yogyakarta saja. Misalnya dari segi fashion ada kain batik, kemudian dari segi kuliner ada kopi salak dan dari kerajinan ada pernak-pernik dari silver. Adapun salah satu tujuan didirikannya Galeri PLUT KUMKM DIY yaitu untuk memudahkan wisatawan dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta guna menikmati produk-produk khas Daerah Iatimewa Yogyakarta tanpa harus berkeliling ke seluruh tempat.

  1. Konsumen Bisa Berhubungan Langsung dengan Pelaku Usaha

Selain menyediakan produk-produk yang menarik, Galeri PLUT KUMKM DIY juga menyediakan kartu nama dan leaflet dari para pelaku usaha yang memajang produknya. Jadi konsumen selain bisa menikmati produknya juga bisa berhubungan langsung dengansang produsen barang tersebut. Hal ini merupakan salah satu layanan dari PLUT KUMKM DIY yaitu memfasilitasi yang dalam hal ini adalah menghubungkan antara konsumen dengan pelaku usaha itu sendiri.

  1. Ada Fasilitas Khusus Bagi Pelaku Usaha yang Memajang Produknya di Galeri PLUT

Khusus bagi pelaku usaha yang memajang produknya di Galeri PLUT KUMKM DIY, selain akan mendapatkan keuntungan berupa materiil karena produknya laku terjual namun juga akan memperoleh fasilitas lain misalnya pelatihan, layanan konsultasi bisnis dan masih banyak fasilitas lainnya.

  1. Tidak Dipungut Biaya

Galeri PLUT KUMKM DIY ini sifatnya adalah membantu bagi pelaku usaha khususnya dalam bidang pemasaran produk. Sehingga bila ada pelaku usaha yang ingin memajang produknya maka tidak akan dikenai biaya.

Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa Galeri PLUT KUMKM DIY ini memiliki banyak manfaat bagi pelaku usaha terutama dalam bidang pemasaran produk. Selain itu juga ada fasilitas lain yang diberikan bagi pelaku usaha yang memajang produknya di Galeri PLUT KUMKM DIY yang pasti akan memberikan manfaat bagi pelaku usaha tersebut guna mengembangkan usahanya.