Selamat Pagi mitra PLUT-KUMKM DIY. Pagi ini saya akan menuliskan sebuah tips bisnis online yang dibuat oleh seorang pakar dan pembicara bisnis online Indonesia. Tips ini sesungguhnya beliau sampaikan dalam format video, namun pada kesempatan ini saya mencoba untuk menyalinnya ke dalam bentuk tulisan. Anda juga dapat belajar banyak melalui video-video yang sudah di upload melalui website www.navaimtutorial.com. Berikut salinannya;

Orang gagal pada bisnis online bukan karena dia bego, bukan karena bodoh, bukan karena dia ditakdirkan gagal. Kerena mereka tidak mengerti skmena ini. Saya sudah menyediakan segitiga piramid. Di mana yang saya sudah membagi beberapa jenis zona atau periode yang akan anda alami pada saat anda mulai terjun di dunia bisnis online.
Manusia menjadi gagal kerena mereka tidak memahami bahawa dunia ini adalah perjuangan. Termasuk anda yang saat ini menjalani bisnis online dan belum mendapatkan hasil sama sekali. Saya berani jamin karena anda memahami bahwa bisnis onlinine itu gampang, padahal faktanya tidak.

Orang yang baru mulai bisnis online mereka akan masuk ke dalam apa yang disebut zona neraka. Ini disebut zona neraka karena meraka akan mengalami suatu periode dimana mereka merasa bingung, pusing, mengalami penyesuaian beesar-besaran di otak mereka, bahkan di antara mereka ada yang menangis pada periode ini.

Nah zona neraka bisnis online itu kapan? Yaitu pada saat anda memutuskan untuk berbisnis online, itu adalah zona neraka. Disitu anda akan diberikan godaaan. Godaan untuk apa, yaitu godaan untuk menyerah. Pernahkan anda dalam bisnis online ketika harus membuat blog anda males, ketika harus belajar tentang SEO anda pusing, ketika anda mempelajari tentang google terus pusing dan akhirnya males. Apakah anda pernah mengalami hal seperti itu? jika ya berarti Anda berada dalam zona neraka. Dana tahukan anda ciri-ciri orang yang berada dalam zona neraka itu apa? Mereka lebih banyak teori dibandingkan praktek. Artinya mereka lebih senang mengumpulkan begitu banyak teori di banding mempraktekkan apa yang mereka dapatkan selama ini. Nah jika anda termasuk terlalu banyak mengumpulkan materi-materi tentang internet marketing, tentang bisnis online, tapi sedikit praktek, anda adalah penghuni zona neraka. Dan tahukan anda mengapa orang bisa gagal dalam bisnis online karena mereka terlalu lama dalam zona neraka dan pada akhirnya mereka menyerah. Di zona neraka ini, para pencundang, yang mau gampangnya saja, mau mudahnya saja, curangnya. Mereka akan menyerah. Karena mereka tidak menyadari bahwa zona neraka dalam bisnis online itu ada.

Zona dunia adalah zona di saat anda sudah mulai mengerti “ohh ternyata cara SEO begini, “ohh cara bikin video itu seperti ini toh”, “ohh cara bikin email itu seperti ini”, “ohh bisnis online ternyata harus begini”,” ohh ternyata saya cocoknya di bisnis online yang ini”. Ketika anda sudah banyak praktek maka anda akan banyak menemukan banyak jalan keluar. Dan ketika anda sudah banyak menemukan jalan kelauar maka anda sudah memasuki ke dalam zona dunia. Di mana Anda sudah mulai mengerti, Anda sudah mulai paham apa yang harus Anda lakukan, Anda masih bingung tapi tidak terlalu bingung, ciri khas dari zona dunia adalah mereka lebih menguasi diri untuk melakukan praktek sebanyak 60% dan teori 40%. Jadi dengan kata lain ketika Anda sudah masuk zona dunia anda lebih banyak praktek. Buat blog praktek, bikin SEO praktek, mau berhasil atau tidak masa bodoh, yang penting praktek. Mereka sudah mulai mengerti, sudah mulai paham, dan mereka tidak sebingung orang yang berada di zona nerka. Dan tahukah Anda orang yang masuk ke dalam zona dunia dalam bisnis online adalah orang yang bermental pejuang. Buat Anda saat ini yang sudah lebih banyak praktek dari pada teori, Anda adalah seorang yang yang bermantal pejuang dan anda sudah lulus dari para pecundang-pecundang yang menyerah di zona neraka.

Zona terakhir yang sangat diimpikan oleh banyak pebisnis online adalah zona surga. Zona surga adalah sebuah periode di mana Anda sudah paham betul apa yang Anda lakukan, dan sudah paham betul semua sela-sela apa yang dulunya Anda tidak tahu dan sekarang tahu. Ciri kahsnya adalah prakteknya 90% teorinya 10%. Mereka masih belajar teori tapi lebih banyak praktek. Prakteknya untuk berbagi pada orang lain. Membuat video turorial berbagi, membuat sebuah blog yang isinya ilmu semua untuk dibagikan, karena mereka sudah berada di zona surga, ilmu mereka sudah banyak dan sudah menghasilkan uang buat diri mereka sendri. Mereka sudah tidak bingung lagi, mereka sudah mengerti ketika harus menghadapi permasalah macam-macam. Ini saat di mana kamu memetik hasil perjuangan kamu.