150 UMKM Binaan PLUT KUMKM DIY Ikuti Seminar Indonesia WOWYogyakarta (29 April 2015) Hari ini bertempat di Gedung Auditorium RRI Yogyakarta, PLUT KUMKM DIY turut serta dalam penyelenggaraan Seminar Indonesia WOW. Pada kegiatan seminar hari ini dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, AA Gede Ngurah Puspayoga, Kepala Disperindakop DIY, Ir. Riadi Ida Bagus SS, M.M, dan founder dan President MarkPlu sebagai penyelenggara utama dengan pimpinan Bapak Hermawan Kertajaya.
Seminar kali ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Markeeters Festifal 2015.
Sejumlah Koperasi dan UMKM hadir dalam kegiatan kali ini. Tercatat lebih dari 500 peserta turut serta dalam kegiatan seminar kali ini, dan lebih dari 150 UMKM peserta seminar ini merupakan UMKM binaan PLUT KUMKM DIY.
Pada kali ini Menteri Koperasi dan UMKM, AA Gede Ngurah Puspayoga, menyampaikan beberapa hal terkait kebijakan Kementrian Koperasi dan UMKM. Salah satu hal yang disampaikan adalah kementrian koperasi dan umkm yang telah menjalin koordinasi dengan berbagai pihak. Diantaranya MoU antara Kementrian Koperasi dan UMKM dengan Kementrian Dalam Negeri yang berisikan kebijakan membantu UMKM dalam kepengurusan ijin usaha. Disampaikan oleh Bapak Menteri Koperasi dan UMKM bahwa sekarang untuk usaha mikro dan kecil sudah bisa melakukan akses perijinan hanya sampai pada tataran kecamatan.

Selain melakukan MoU dengan Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Koperasi dan UMKM juga telah menjalin hubungan dengan Kementrian Perdagangan dan Kementrian Pertanian. Hasilnya banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh Kementrian Koperasi dan UMKM bahkan dengan anggaran yang sangat minim yang salah satunya adalah rangkaian kegiatan Indonesia Markeeters.

Kementrian Koperasi dan UMKM juga menyoroti perkembangan dari koperasi di Indonesia. Disampaikan bahwa masih banyak koperasi yang kurang diangkat keberadaannya. Selain itu Kementrian Koperasi dan UMKM juga tengah melakukan data base koperasi aktif di Indonesia yang tidak sekedar jumlah, melainkan juga koperasi yang memiliki alamat yang jelas, mengadakan RAT, serta keanggotaan yang jelas.

Dalam seminar kali, pemandu acara adalah Bapak Hermawan Kertajaya. Ada beberapa pesan yang disampikan oleh Bapak Hermawan Kertajaya antara lain menyoroti tentang apa yang disebut dengan marketing. Penegasan dari Bapak Hermawan Kertajaya mengenai pentingnya marketing ini diceritakan mengenai story dari Mark Plus yang telah berdiri 25 tahun dan mengalami perkembangan naik turun. Selain itu, ada penekanan penting yang dibagikan kepada para peserta bahwa wirausaha haruslah mampu untuk mandiri. Beliau menyampaikan bahwa ketika ada seorang wirausahawan terlalu bergantung terhadap bantuan dari pemerintah maka akan mengalami perkembangan yang sangat pelan bahkan disampaikan usahanya tidak akan maju-maju.

Selain penyampaian dari Kementrian Koperasi dan UMKM dan Bapak Hermawan Kertajaya, pada seminar kali ini juga dilanjutkan dengan kurasi UMKM untuk tampil dalam program UKM WOW di Gedung Smensco Jakarta.
Terdapat 45 UMKM yang telah ikut mendaftarkan diri mengikuti seleksi. Hasil tersebut kemudian diseleksi menjadi 11 UKM untuk mengikuti kurasi, yang mana beberapa UKM yang terlibat dalam kurasi ini merupakan binaan dari PLUT KUMKM DIY. Namun begitu, hanya akan diambil 8 UMKM yang akan mendapatkan hadiah berupa tampil dalam UMKM WOW di Gedung SMESCO jakarta.